11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Korut Terbangkan 10 Pesawat Tempur ke Perbatasan, Begini Reaksi Korsel

Seoul, MISTAR.ID
Korea Utara (Korut) meluncurkan 10 pesawat tempurnya terbang dekat perbatasan dengan Korea Selatan (Korsel), Jumat (14/20/22).

Tak mau kecolongan, Korsel lalu mengerahkan jet tempurnya guna mengantisipasi pesawat Korut tersebut.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan kepada Yonhap, bahwa 10 jet tempur itu sudah terdeteksi terbang 25 kilometer di utara perbatasan, Kamis (13/10/22) pukul 22.30, kemudian Jumat (14/10/22) pukul 0.20 waktu setempat.

Sebagaimana dilansir AFP, jet Korut itu terbang begitu dekat hingga menyentuh “garis pemantau” yang dipasang Korsel. Sistem respons otomatis pun menyala.

Baca Juga:AS dan Sekutunya Makin Panas, Korut Tembak 2 Rudal Lagi ke Jepang

Korsel lantas mengirimkan pesawat militer, termasuk sejumlah jet tempur F-35A, untuk mengusir armada Korut tersebut.

Ini bukan kali pertama Korut memicu ketegangan dengan menerbangkan pesawat militer ke dekat perbatasan. Pekan lalu, Korut juga menerbangkan 12 pesawat dalam formasi.

Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan kepada AFP bahwa 12 armada Korut yang terbang dalam formasi itu terdiri dari delapan jet tempur dan empat pesawat pengebom.

“(Pesawat-pesawat itu) membentuk formasi dan terbang di utara perbatasan antar-Korea,” ujar kepala staf itu.

Baca Juga:Ini Alasan Korut Luncurkan Rudal Lewati Jepang

Ia kemudian mengungkap bahwa belasan pesawat itu diduga dipakai untuk melakukan latihan tembak dari udara. Korsel pun membalas dengan mengerahkan 30 jet tempur.

Saling gertak di udara ini terjadi di tengah peningkatan ketegangan akibat uji coba rudal Korut yang semakin gencar belakangan ini.

Terbaru, Korut menguji coba rudal jarak jauh pada Rabu di bawah pemantauan langsung sang pemimpin tertinggi, Kim Jong Un.(cnn/hm10)

Related Articles

Latest Articles