23.8 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Kapal Tanker Berisi Minyak Terbalik di Perairan Filipina

Filipina, MISTAR.ID

Sebuah kapal tanker yang membawa 1,4 juta liter bahan bakar minyak industri terbalik dan tenggelam di lepas pantai Manila, Kamis (25/7/24).

Kapal MT Terra Nova itu sedang dalam perjalanan ke kota Iloilo Filipina. Kapal berbendera Filipina ini tenggelam di Teluk Filipina.

Menteri Transportasi Filipina, Jaime Bautista mengatakan insiden ini terjadi tepatnya hampir tujuh kilometer dari kota Limay di Provinsi Bataan, dini hari waktu setempat.

“Angin kencang dan gelombang tinggi menghambat upaya tanggap darurat. Sebanyak 16 dari 17 awak berhasil diselamatkan. Satu hilang dan empat awak sedang menerima perawatan medis,” seperti dikutip AFP.

Baca juga: Kapal Tanker Kimia Milik Korsel Terbalik di Jepang, 8 Orang Tewas Termasuk WNI

Saat ini operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan untuk mencari awak yang hilang.

Imbas kecelakaan kapal ini, tumpahan minyak membentang sekitar 3,7 kilometer karena terbawa arus kuat ke arah timur dan barat laut. Personel perlindungan angkatan laut juga telah dikerahkan untuk mengatasi tumpahan minyak.

Tenggelamnya kapal terjadi saat hujan lebat yang dipicu oleh Topan Gaemi dan musim hujan melanda Manila dan wilayah sekitarnya dalam beberapa hari terakhir. (cnn/hm5)

Related Articles

Latest Articles