11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Kanada Kirim 800 Drone ke Ukraina Memperkuat Militer Melawan Rusia

Kanada, MISTAR.ID

Pemerintah Kanada memperkuat persenjataan Ukraina untuk melawan Rusia dengan menyumbangkan 800 drone. Hal itu dibenarkan Menteri Pertahanan  pada Senin (19/2/24).

Menurut Bill Blair, drones diberikan itu dapat membawa kamera pengintai guna membantu misi pengintaian Ukraina. Drone tersebut mampu membantu pasukan garis depan Ukraina untuk menilai target dan ancaman dengan cepat, akurat dan efektif.

Dia menjelaskan semua drone tersebut dapat mendeteksi target dengan pasti. “Kanada akan mendukung Ukraina selama diperlukan,” kata Blair dengan tegas..

Nilai drone-drone tersebut berkisar 95 juta dolar Kanada (Rp1,1 triliun) dan biayanya ditanggung oleh paket bantuan sebesar 500 juta dolar Kanada (Rp5,8 triliun). Bantuan itu telah diumumkan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau pada musim panas lalu.

Sejauh ini Kanada telah menghabiskan  9,7 miliar dolar Kanada (Rp112,6 triliun) untuk mendukung Ukraina sejak perang dimulai pada 24 Februari 2022.

Baca juga: Jerman-Prancis Akan Tandatangani Kerjasama Keamanan Bilateral dengan Ukraina

Sementara untuk drone SkyRanger R70 diperkirakan bakal dikirimkan lagi pada awal April. Balir pun mengatakan ia ingin meningkatkan produksi peralatan militer Kanada.

“Satu-satunya cara menanggapi tiran seperti (Presiden Rusia) Vladimir Putin ialah dengan kekuatan serta ketangguhan,” katanya. “Kami tidak akan melupakan Ukraina. Kami tidak akan pernah meninggalkan Ukraina…sampai Ukraina memenangi perang ini.”

Pada hari Sabtu ini menjadi hari genapnya dua tahun Rusia menginvasi Ukraina. Dampak perang ini, sesuai perkiraan PBB sekitar 10 ribu warga sipil dinyatakan tewas, yang sebagian besar anak-anak dan 19 ribu lainnya luka-luka. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles