7.5 C
New York
Monday, April 22, 2024

Meski Iran-Israel Berkonflik, Harga BBM di Indonesia Tak Naik

Jakarta, MISTAR.ID

Eskalasi konflik antara Iran dengan Israel diperkirakan akan mengganggu harga minyak dunia, dan bisa berimbas terhadap harga minyak di Indonesia.

Kemungkinan peningkatan harga minyak dunia mencapai hingga 100 dolar AS per barel. Sementara berdasarkan data Kementerian ESDM, ICP per 12 April 2024 sebesar 89,51 dolar AS per barel.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji sendiri menjamin harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan berubah hingga Juni tahun 2024.

Tutuka mengatakan saat ini pemerintah sedang menunggu respons Israel apakah akan melakukan serangan balik terhadap Iran.

“Ini faktor yang sangat kuat untuk pertimbangan lebih jauh tentang eskalasi,” kata pada Senin (15/4/24).

Baca juga: April 2024 Tak Ada Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi

Meskipun demikian, Kementerian ESDM sudah melakukan simulasi-simulasi dampak eskalasi konflik di Timur Tengah terhadap harga minyak.

Langkah yang dilakukan adalah memperhatikan parameter seperti kurs, ICP (Indonesian Crude Oil Price) atau harga patokan minyak mentah Indonesia, serta faktor-faktor lainnya.

“Itu (simulasi) yang akan kami sampaikan untuk pihak terkait, kemudian diharapkan bisa jadi pengambilan keputusan,” ujar Tutuka.

Diketahui, kondisi global tengah berhadapan dengan ketegangan konflik antara Iran dengan Israel. Permusuhan terbaru antara Iran dan Israel dipicu serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April lalu.

Iran kemudian melancarkan serangan balasan dengan menembakkan puluhan rudal balistik dan ratusan drone ke Israel pada Sabtu malam (13/4).

Serangan itu, menurut Israel, berhasil digagalkan dan hanya mengenai sebuah pangkalan udara militer di Israel, tetapi tidak menimbulkan kerusakan serius.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles