26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Jutaan Jangkrik Kanibal Serbu Nevada

Nevada, MISTAR.ID

Jutaan jangkrik Mormon atau biasa disebut dengan jangkrik kanibal menyerbu negara bagian Nevada Amerika Serikat, Senin (19/6/23). Dari sebuah video yang diunggah pengguna TikTok, terlihat jangkrik menutupi jalanan hingga rumah warga.

Pihak pemerintah setempat hingga hari ini, Selasa (20/6/23), berusaha mengusir serangga menggunakan mesin peniup.

Namun, usaha ini tidak begitu efektif karena jika serangga terlindas di jalan, itu akan membuat jalan licin. Pada akhirnya dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Jangkrik Merah Muda yang Sangat Langka Terlihat di Alam Liar

“Mereka terlindas kendaraan. Dua atau tiga berhasil lolos. Jalanan bisa ditutupi jangkrik dan menjadi licin,” kata ahli entomologi dari Departemen Pertanian Nevada Jeff Knight, Selasa (20/6/23).

Dari berbagai informasi yang diperoleh, jangkrik Mormon tidak seperti jangkrik pada umumnya. Jangkrik ini lebih mirip seperti belalang. Serangga ini tidak bisa terbang. Mereka hanya bisa melompat dan berjalan.

Menurut University of Nevada, jangkrik Mormon mengonsumsi rumput dan beberapa jenis tanaman. Kenapa disebut hewan kanibal? Sebab jika perut mereka belum kenyang, mereka akan memangsa temannya.

Baca juga: Kisah Biksu Menolong Arwah Sang Ibu di Neraka dan Melepas Burung Saat Imlek

Jangkrik kanibal bisa memenuhi Nevada karena mereka sedang bermigrasi untuk mencari tempat tinggal yang lebih luas. Populasi serangga ini diprediksi terus meningkat hingga empat atau enam tahun ke depan.

Ini bukan kali pertama jangkrik Mormon memenuhi wilayah Nevada. Ia sudah menjadi hama bagi petani di Amerika Serikat selama ratusan.

Jangkrik Mormon mampu menghancurkan tanaman seperti jagung, gandum, oat, rye, dan barley. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles