17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

PM Kanada dan Raja Yordania Sepakat Tekan Israel Setop Perang

Amman, MISTAR.ID

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Raja Yordania Abdullah II membahas kesepakatan untuk memberikan tekanan internasional kepada Israel agar menerapkan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Laporan kantor berita Yordania Petra, mengabarkan bahwa Raja Abdullah II menerima panggilan telepon dari PM Kanada. Dalam perbicaraan itu kedua negara sepakat untuk memberikan “tekanan” agar Israel menyetop perang.

Raja Abdullah II beralasan, tindakan untuk melindungi warga sipil harus dilakukan dan meningkatkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza.

Selama pembicaraan tersebut, sang Raja menegaskan kembali “penolakan sepenuhnya Yordania terhadap upaya untuk menghilangkan masalah Palestina dan secara paksa menggusur warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza.”

Baca juga: Militer Israel Serang Lebanon, 3 Anggota Hizbullah Tewas

Ia juga menentang kekerasan para pemukim ekstremis Yahudi terhadap warga Palestina di Tepi Barat.

Sejak 7 Oktober 2023, Israel terus melanjutkan serangan tanpa henti di Jalur Gaza. Serangan yang disebut tindakan balasan terhadap Hamas itu, telah menewaskan sedikitnya 21.507 warga Palestina dan melukai 55.915 orang.

Pihak berwenang mengklaim serangan Hamas di Israel telah menewaskan sekitar 1.200 warga Israel. Bahkan serangan Israel telah menyebabkan 60 persen infrastruktur rusak dan hancur. Kemudian hampir 2 juta penduduk mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles