19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Jepang Setuju Jual Pesawat Tempur

Dalam kerja sama dengan Italia dan Inggris, Jepang sedang mengembangkan pesawat tempur canggih untuk menggantikan armada pesawat tempur F-2 yang sudah usang, serta Eurofighter Typhoon yang digunakan oleh militer Inggris dan Italia.

Jepang bergabung dengan program Inggris-Italia yang disebut Tempest untuk dikerahkan pada tahun 2035, yang merupakan proyek bersama yang dikenal sebagai Global Combat Air Program atau GCAP yang berbasis di Inggris.

Jepang berharap pesawat baru ini akan memberikan kemampuan canggih yang diperlukan di tengah meningkatnya ketegangan regional, sehingga memberikan keunggulan teknologi dibandingkan dengan rival regionalnya, China dan Rusia.

Baca juga: Pemko Medan Terima Bantuan Mesin Pengolah Sampah dari Pemerintah Jepang

Sejarah Jepang sebagai negara agresor dan pengalaman pahit pasca-Perang Dunia II mendorong Jepang untuk mengadopsi konstitusi yang membatasi kekuatan militernya hanya untuk tujuan pertahanan.

Namun, penentang mengkritik pemerintahan Perdana Menteri Fumio Kishida karena terlibat dalam proyek pesawat tempur tanpa memberikan penjelasan atau meminta persetujuan publik atas perubahan kebijakan besar tersebut. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles