20.2 C
New York
Friday, May 10, 2024

Jepang Protes ke WTO: Larangan Impor Seafood oleh China Terkait Fukushima Tak Bisa Diterima

Tokyo, MISTAR.ID

Jepang mengajukan protes kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait larangan China terhadap produk makanan laut (seafood) mereka menyusul pelepasan air radioaktif yang diolah dari pembangkit listrik nuklir Fukushima.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, keputusan China itu benar-benar tidak dapat diterima.

Baca Juga: Jepang Mengklaim Limbah Air PLTN Fukushima Tak Bermasalah ke Ikan

Protes itu diluncurkan sebagai tanggapan terhadap pemberitahuan China kepada WTO pada 31 Agustus mengenai langkah-langkah untuk menghentikan impor produk seafood Jepang yang dimulai bulan lalu.

Jepang mengatakan akan menjelaskan posisinya di komite-komite WTO yang relevan dan mendesak China agar segera mencabut larangan tersebut.

Beberapa pejabat Jepang telah mengisyaratkan kemungkinan mengajukan keluhan ke WTO terkait larangan impor produk laut China, yang dikatakan Duta Besar Amerika Serikat (AS) di Tokyo pekan lalu sebagai sesuatu yang akan didukung oleh AS.

Baca Juga: Jepang Segera Buang Air Radioaktif Pembangkit Listrik Nuklir Fukushima

Dalam pernyataan terpisah, Senin (4/9/23) Kemenlu Jepang mengatakan pihaknya juga telah meminta China untuk mengadakan pembicaraan mengenai larangan impor terkait Fukushima berdasarkan ketentuan perjanjian perdagangan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

“Kami berharap China akan mengadakan pembicaraan dengan Jepang sesegera mungkin dan meninjau tindakannya sesuai dengan kewajibannya dalam Perjanjian RCEP,” bunyi pernyataan tersebut seperti dilansir Reuters, Selasa (5/9/23). (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles