17.1 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

Iran Tutup Institut Bahasa Jerman, Balas Penutupan Pusat Keagamaan Islam

Teheran, MISTAR.ID

Iran menutup satu-satunya lembaga bahasa yang diakui oleh Kedutaan Besar Jerman, menyusul penutupan pusat-pusat keagamaan Islam di Jerman, Selasa (20/8/24).

Pengadilan Iran menutup dua kantor lembaga itu yang disebutnya sebagai ‘pusat-pusat ilegal yang berafiliasi dengan pemerintah Jerman, yang melanggar hukum Iran, melakukan banyak tindakan ilegal dan pelanggaran finansial yang luas’.

Pengadilan mengatakan investigasi tambahan terhadap lembaga-lembaga Jerman lainnya sedang berlangsung karena adanya ‘laporan pelanggaran’.

Duta besar Iran untuk Jerman mengatakan penutupan pusat-pusat keagamaan Islam di sana bersifat Islamofobia dan merupakan ‘tindakan permusuhan’. Pusat-pusat tersebut ditutup pada Juli lalu, karena dituduh mempromosikan dan menyebarkan ideologi untuk mendukung kelompok militan Hizbullah.

Baca Juga : Pria Asal Jerman Berhasil Sembuh dari HIV

Kementerian Dalam Negeri Jerman mengatakan pelarangan terhadap pusat-pusat keagamaan dan afiliasinya adalah karena itu merupakan “organisasi ekstremis Islamis yang mengejar tujuan-tujuan antikonstitusional.” Aparat penegak hukum Jerman menggerebek 53 fasilitas semacam itu.

Ini bukan pertama kalinya lembaga-lembaga Jerman ditutup di Iran. Lembaga Goethe internasional di Teheran yang juga dimiliki Jerman di berbagai lokasi di seluruh dunia, ditutup oleh para pejabat Iran pada tahun 1995. (voa/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles