15.9 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Houthi Luncurkan Rudal dan Targetkan Kapal Kargo di Laut Merah

Sanaa, MISTAR.ID

Juru bicara (jubir) milisi Houthi di Yaman, Yahya Sarea menyampaikan, pihaknya meluncurkan rudal yang menargetkan kapal kargo di Laut Merah, pada Rabu (3/1/24).

“Kelompok Houthi melancarkan sebuah operasi yang menargetkan kapal CMA CGM TAGE. Operasi itu dilakukan usai para awak kapal menampik menanggapi panggilan dari pasukan kami, termasuk pesan peringatan keras,” sebutnya melalui tayangan langsung yang disiarkan al-Masirah TV milik Houthi.

Mereka menegaskan, bakal terus mencegat kapal-kapal Israel atau kapal yang menuju Israel untuk bernavigasi di Laut Merah dan Laut Arab sampai bantuan makanan dan obat-obatan diperbolehkan masuk ke Jalur Gaza.

Baca juga:AS Sebut 20 Negara Bergabung Melawan Milisi Houthi Yaman

Warga di Provinsi Taiz di Yaman barat merekam dan membagikan video di media sosial (medsos) yang menampakkan 3 rudal diluncurkan dari daerah pesisir barat al-Barah menuju bagian selatan Laut Merah.

United Kingdom Maritime Trade Operations (UKMTO) menulis di platform media sosial (medsos) X, jika menerima laporan hingga 3 ledakan di dekat sebuah kapal dagang di Bab El-Mandeb.

Di hari yang sama, Komando Pusat Amerika Serikat (AS) memverifikasi kelompok Houthi sudah menargetkan kapal-kapal kargo di Laut Merah. Disampaikan, ini merupakan ke 24 kalinya Houthi menyerbu kapal-kapal serupa.

Baca juga:Milisi Houthi Yaman Tak Gentar Melawan Koalisi Bentukan AS

Serbuan baru Houthi itu terjadi hampir 3 hari pasca helikopter militer Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang berpatroli di Laut Merah menembak dan menewaskan 10 orang militan kelompok itu. Termasuk menenggelamkan 3 unit kapal mereka saat berupaya mendekati salah satu kapal dagang. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles