22.7 C
New York
Monday, May 27, 2024

Gedung Putih: Presiden Biden akan Bertemu dengan Presiden Xi Jinping di KTT APEC

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan pada prinsipnya, ada kesepakatan yang akan diadakan di San Francisco pada bulan November.

“Kami selalu mendiskusikan rincian penting yang diperlukan untuk menyelesaikan rencana tersebut,” bebernya.

Selama bertahun-tahun ketika mereka bersaing untuk mendapatkan pengaruh di kawasan Asia-Pasifik dan sekitarnya, dan ketika Beijing meningkatkan kerja sama dengan Rusia dalam upaya mengurangi dominasi Amerika.

Baca juga : Presiden Putin Tanggapi Statmen Presiden Biden

Setelah diplomat top Beijing, Wang Yi, bertemu dengan pejabat senior AS pekan lalu, Gedung Putih mengatakan kedua pihak “bekerja sama menuju pertemuan tersebut”.

Namun Menteri Luar Negeri Tiongkok mengatakan jalan menuju negosiasi masih “tidak mudah”.

“Wang mengatakan pada sebuah acara di Washington yang diselenggarakan oleh Aspen Strategy Group bahwa” kedua belah pihak berharap untuk menstabilkan dan meningkatkan hubungan bilateral sesegera mungkin dan setuju untuk bekerja sama menuju pertemuan puncak di San Francisco antara kedua kepala negara.

“Jalan menuju San Francisco tidak mudah dan tidak bisa dibiarkan begitu saja,” kata Mr Wang. “Kedua belah pihak harus menghilangkan campur tangan, mengatasi hambatan, memperkuat konsensus dan mengumpulkan hasil,” tandasnya. (medcom /hm18)

Related Articles

Latest Articles