13.7 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Eks PM Thailand Thaksin Shinawatra Segera Bebas dari Penjara

Bangkok, MISTAR.ID

Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand, Thaksin Shinawatra bakal secepatnya dikeluarkan dari penjara.

Keterangan dari Menteri Kehakiman, Tawee Sodsong, pada Selasa (13/2/24), Shinawatra berumur 74 tahun itu termasuk di antara 930 orang tahanan yang diberikan pembebasan awal oleh pemerintah Thailand.

“Dia masuk di kelompok, dimana mereka dalam keadaan kritis atau berusia di atas 70 tahun. Dia akan dibebaskan usai 6 bulan secara otomatis,” sebut Tawee seperti dilansir dari AFP.

Baca juga:Mantan PM Thaksin yang Mengasingkan Diri Berencana Kembali ke Thailand

Shinawatra dipenjara pada Agustus tahun lalu, pasca terbukti korupsi dan menyalahgunakan kekuasaan.

Awalnya dirinya dihukum 8 tahun penjara. Ternyata vonis itu dipotong menjadi 1 tahun oleh Raja Maha Vajiralongkorn. Vonis bagi Shinawatra diberikan usai pulang ke Thailand pada Agustus tahun lalu pasca 15 tahun mengasingkan diri di luar negeri.

Kembalinya dia bertepatan dengan masuknya kembali Partai Pheu Thai ke pemerintahan yang berkoalisi dengan partai-partai pro militer. Publik pun percaya ada kesepakatan antara Shinawatra dan aliansi untuk memotong masa tahanannya.

Baca juga:17 Tahun di Pengasingan, Mantan PM Thaksin Pulang ke Thailand di Tengah Isu Konspirasi

Indikasi kongkalikong itu juga semakin kencang usai Shinawatra diinformasikan dipindah ke Rumah Sakit (RS) polisi beberapa jam pasca dijatuhi hukuman. Polisi berdalih pemindahan Shinawatra akibat keadaan kesehatannya memburuk.

PM Thailand, Sretha Thavisin mengkonfirmasi jika Shinawatra akan keluar dari dari penjara. Menurutnya, keputusan itu sesuai dengan hukum.

“Saya percaya dia dapat memberi kami sejumlah tips hebat. Saya mau menegaskan kembali bahwa semuanya dilakukan berdasarkan hukum Departemen Pemasyarakatan,” sebut Thavisin. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles