24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Dubai Berencana Buat Bandara Terbesar di Dunia

Dubai, MISTAR.ID

Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), berencana membangun bandara terbesar di dunia. Bandara ini mampu menampung 260 juta penumpang per tahun. Rencananya, bandara ini akan dibangun di wilayah gurun.

Wilayah ini sekitar 45 km dari bandara utama Dubai yang sekarang dikenal dengan kode internasional DXB. Pemilihan lokasi baru dikarenakan Bandara Internasional Al Maktoum tidak dapat diperluas lagi, karena diapit oleh lingkungan pemukiman dan dua jalan raya utama.

“UEA akan menginvestasikan 35 miliar dolar AS untuk memperluas Bandara Al Maktoum. Bandara ini akan menjadi bandara utama dalam 10 tahun mendatang,” kata Wali Kota Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, belum lama ini.

Baca juga: Iklim Panas, Banjir Besar di Dubai Dianggap Hal Aneh

Seperti yang diketahui dari berbagai sumber, Jumat (3/5/24), Bandara Internasional Al Maktoum adalah bandara kedua di Dubai. Sebelumnya telah direnovasi dan memiliki dua landasan pacu. Dengan pembangunan baru, landasan pacu akan ditambah menjadi 5.

Kemudian, dibangun dengan 400 gerbang penumpang pesawat. Tidak hanya untuk penumpang. Teknologi canggih juga akan dibangun untuk jasa kargo.

“Dubai akan menjadi bandara dan pelabuhan dunia. Mulai dari pusat perkotaannya, dan akan menjadi pusat global,” tambahnya. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles