15.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Drone Iran Buat Serang Israel Murah, Tapi Menakutkan

Tehran, MISTAR.ID

Iran menggunakan sekitar 170 drone dalam serangan terhadap Israel pada Sabtu (13/4/24) lalu. Lantas, jenis drone apa yang digunakan Iran?

Iran mengandalkan jenis drone Kamikaze atau Shahed 136 yang saat ini menjadi ancaman besar terhadap keamanan global. Iran sendiri telah mengekspor model drone Shahed 136 ke Rusia. Drone ini digunakan Rusia untuk mengintimidasi kota-kota di Ukraina.

Perjalanan Iran menuju status negara adidaya drone dimulai pada tahun 1980-an, ketika rezim baru Iran muncul.

Saat itu, mereka menggunakan pesawat kecil yang dikendalikan dari jarak jauh, yang kita kenal sebagai drone saat ini untuk melakukan misi pengawasan.

Baca juga: Cek Kekuatan Militer Iran

Berdasarkan ukurannya, mesin sederhana ini sedikit lebih besar dari ukuran pesawat. Drone yang diciptakan Iran tergolong murah karena Iran berpendapat, jika drone mereka ditembak jatuh, maka Iran tidak akan alami kerugian besar.

Dalam satu dekade terakhir, Iran telah fokus pada pengembangan drone baru. Alih-alih meniru drone mahal milik Israel, seperti Predator dan Reaper buatan Amerika, Teheran berinvestasi pada drone murah dan sederhana yang dapat digunakan sebagai drone instan bagi Angkatan Udara.

Harga drone Shahed 136 milik Iran diperkirakan bisa 50% lebih murah dibandingkan rudal Tamir Iron Dome milik Israel. Satu rudal Tamir Israel diperkirakan bernilai USD 50 ribu (Rp 800 juta), sedangkan harga drone Shahed 136 bervariasi dan pastinya di bawah Rp 400 juta.

Baca juga: Fasilitas Nuklir Iran Ditutup Sementara Pasca Serangan Ke Israel

Menurut perkiraan Associated Press pada Oktober 2023, angkanya mencapai USD 20 ribu (Rp320 jutaan). Namun, menurut para ahli dan pejabat Ukraina, harga drone kamikaze Iran diperkirakan berada di bawah USD 2.000 (Rp30 jutaan).

Ini merupakan pilihan yang masuk akal bagi Iran karena negara tersebut berada di bawah sanksi internasional dan tidak mampu memproduksi pesawat militer yang rumit. Drone jenis Shahed telah digunakan oleh Iran untuk menyerang fasilitas energi terbesar di Arab Saudi pada tahun 2019, serta menyerang pembangkang Kurdi di Irak utara dan sekarang menyerang Israel.

Iran pertama kali menggunakan drone untuk menyerang Israel dari Suriah pada Februari 2018. Teheran juga telah mengekspor drone dan teknologinya ke Houthi di Yaman dan milisi yang didukung Iran di Irak dan Suriah. Drone kamikaze ini juga telah digunakan untuk menyerang pasukan AS di Irak, Suriah, dan Yordania. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles