20.6 C
New York
Thursday, May 23, 2024

Cek Kekuatan Militer Iran

Tehran, MISTAR.ID

Iran menduduki peringkat ke-14 dari 145 negara dalam hal kekuatan militer pada tahun 2024, dengan PwrIndx 0,2269. Hal ini menempatkannya satu tingkat di bawah Indonesia, yang berada di peringkat ke-13.

Diketahui dari berbagai sumber, Rabu (17/4/24), PwrIndx adalah skor yang digunakan oleh Global Firepower untuk menilai kekuatan militer suatu negara, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti jumlah unit militer, posisi keuangan, kemampuan logistik, dan keuntungan geografis.

Iran diperkirakan lebih unggul daripada Israel dalam enam dari delapan variabel alutsista, termasuk jumlah personel, armada angkatan darat, dan armada angkatan laut. Selain itu, Iran memiliki gudang rudal balistik dan drone terbesar di Timur Tengah, yang dapat menjangkau target di seluruh wilayah, termasuk Israel.

Baca juga: Perang Iran-Israel, IHSG Anjlok 2% Rupiah Terkapar di Atas Rp16.000

Meskipun Iran menghadapi sanksi internasional yang membatasi akses mereka terhadap persenjataan impor, negara tersebut telah mengembangkan teknologi senjata buatan sendiri sejak era Ayatollah Khomeini. Ini termasuk produksi rudal, drone, kendaraan lapis baja, dan kapal angkatan laut secara mandiri.

Meskipun Iran masih mengimpor beberapa peralatan militer, militer mereka dianggap sebagai salah satu yang terkuat di kawasan tersebut dalam hal peralatan, pengalaman, dan kualitas personel. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles