20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Di Tengah Ketegangan Ukraina-Rusia, Bandara Kiev Masih Tenang

Kiev, MISTAR.ID

Rusia dan Ukraina saat ini di tengah ketegangan akibat konflik yang tidak berkesudahan termasuk tentang keinginan Ukraina bergabung dengan NATO. Bahkan, hubungan Rusia dan Ukraina di ambang peperangan. Meski demikian suasana di Bandara Boryspil, Kiev, masih terlihat tenang. Beberapa pengunjung bahkan terlihat menikmati kopi dengan santai sambil melahap kudapan.

Pelatih olahraga Amerika, Denis Lucins, cukup berani untuk mengunjungi Kiev demi bisa bertemu istri dan anak laki-lakinya.

“Saya pribadi tidak berpikir sesuatu akan terjadi,” ujar Lucins merujuk pada kemungkinan perang di Ukraina, dikutip dari AFP.

Baca juga:Rusia-Ukraina Memanas, NATO Siaga

“Namun sayangnya, tak ada yang bisa membaca pikiran (Presiden Rusia) Vladimir Putin.”

Begitu pun, Lucins juga mengakui ia khawatir akan keselamatannya di level tertentu.

“Saya pikir kita harus menunggu dan melihat apa yang terjadi,” lanjutnya.

Pengunjung bandara lain, Armen Vartanyan yang merupakan warga Armenia, terlihat mengecek papan jadwal penerbangan sebelum pergi ke Istanbul. Ia melihat satu penerbangan ke Kanada dibatalkan.

“Mereka (maskapai) lebih berhati-hati tentang hal ini (ancaman Rusia) meski peluangnya hanya 0,1 persen, mereka selalu mengambil tindakan pencegahan,” tutur Vartanyan.

Namun, Vartanyan tak yakin pasukan Rusia bakal menyerbu Ukraina.

“Pasukan Rusia datang ke Kiev? Tidak, saya tidak berpikir itu akan terjadi. Itu bakal menjadi Perang Dunia III, terlalu besar,” lanjutnya.

Meski demikian, ada pula warga yang merasa lega karena bisa pergi dari Ukraina. Aimrane Bouziane salah satunya, warga Maroko ini terlihat lega saat melihat tanda ‘boarding’ untuk penerbangannya dari bandara di Kiev.

“Saya pikir pilihan yang aman adalah pergi dari Ukraina sekarang,” kata Bouziane. “Saya pergi karena situasi yang terjadi, karena saya menghargai hidup saya.”

Baca juga:Ribuan Warga Ukraina Unjuk Rasa di Tengah Ancaman Invasi Rusia

Sementara itu, kondisi Ukraina semakin tertekan, mengingat Rusia telah menempatkan lebih dari 100 ribu tentara mereka untuk latihan militer di perbatasan Kiev.

Amerika Serikat mewanti-wanti invasi Rusia bisa dimulai kapan saja. Beberapa analis juga memprediksi penerbangan ke Ukraina bakal dihentikan dalam beberapa waktu mendatang karena harga asuransi yang meningkat. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles