10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Dampak Minyak Langka, Rumah Sakit di Gaza Berhenti Beroperasi

Gaza, MISTAR.ID

Satu-satunya rumah sakit yang berfungsi di Jalur Gaza utara, yaitu Rumah Sakit Kamal Adwan, terpaksa menghentikan operasional pada Rabu (28/2/24) setelah bahan bakar langka, sehingga tidak bisa menghidupkan generator.

Kementerian Kesehatan setempat mengatakan, saat ini warga tidak mendapatkan layanan kesehatan penting, dan tidak bisa menjalani layanan dialisis, perawatan anak, perawatan intensif, penyakit dalam, bedah umum,  perawatan kardiologi, serta layanan darurat semalam dan pediatri.

Masalah ini semakin parah setelah Israel memberlakukan blokade. Tujuan utamanya adalah untuk melumpuhkan Jalur Gaza, sehingga penduduk yang masih tinggal di sana di ambang kelaparan.

Baca juga: 132 Truk Bantuan untuk Gaza Diblokir Israel

Israel telah melancarkan serangan yang mematikan di Jalur Gaza sejak 7 Oktober. Serangan itu menyusul serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas . Pemboman yang dilancarkan Israel terus-menerus telah menewaskan 29.954 orang dan melukai lebih dari 70.000 orang serta terjadi kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.
Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan air bersih, makanan, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur.

Israel sendiri dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari, pengadilan itu memerintahkan Tel Aviv guna menghentikan tindakan genosida dan menjamin untuk bantuan kemanusiaan sampai kepada warga sipil di Gaza. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles