14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bukan Anggota KTT G7, Presiden Ukraina Hadir di Jepang

Jepang, MISTAR.ID – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hadir pada kegiatan KTT G7 yang digelar di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/23). Padahal, Ukraina tidak termasuk anggota KTT G7. Kehadiran Zelensky dipastikan oleh penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan.

Jake Sullivan mengatakan Zelensky hadir di pertemuan penting tersebut untuk bertemu Presiden Joe Biden akan bertemu dengannya.

“Presiden Biden akan bertemu dengannya,” kata Sullivan kepada wartawan di Hiroshima Sabtu, (20/5/2023) pagi waktu setempat.

Baca Juga: Ukraina Lumpuhkan Rudal Hipersonik Kinzhal Milik Rusia

Dia menambahkan, memang Zelensky tidak memberikan pengumuman resmi terkait kehadirannya. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga membenarkan kehadiran Zelensky.

Kishida mengatakan pemerintah Jepang mengadakan sesi diskusi terkait Ukraina bersama para pemimpin G7 pada Minggu (21/5/23).

“Keputusan dibuat untuk membahas terkait Ukraina dengan para pemimpin G7. Partisipasi Presiden Zelensky diharapkan dalam sesi ini,” bunyi pernyataannya.

Baca Juga: China Ingatkan Kedutaan di Beijing Berhenti Memperlihatkan Dukungan ke Ukraina

Lanjutnya, Presiden Zelensky berpartisipasi sebagai tamu untuk kepentingan perdamaian dan stabilitas dengan Kepala Negara dan Pemerintahan G7 serta para pemimpin negara yang diundang. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles