7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

AS Berjanji Beri Dukungan Pertahanan ke Jepang dan Filipina

Washington DC, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden berkomitmen menyampaikan dukungan pertahanan bagi Jepang dan Filipina perihal ketegangan di Laut China Selatan.

Negeri Paman Sam akan memperkuat komitmen keamanan di Laut China Selatan.

Dirangkum dari Reuters, pada Jumat (12/4/24) kapal China dan Filipina sudah memantik kekhawatiran akan konflik yang lebih luas. Sebab itu, Biden menjanjikan perlindungan terhadap Jepang dan Filipina.

Baca juga:AS, Jepang, Australia dan Filipina Latihan Militer Sehari di Laut China Selatan

“Setiap serangan pada pesawat, kapal atau angkatan bersenjata Filipina di Laut China Selatan bakal mengacu pada perjanjian pertahanan bersama kita,” papar Biden kala bersua dengan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr dan Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida di Gedung Putih.

Seperti diketahui, Tiongkok semakin tegas mengklaim hampir semua wilayah Laut China Selatan. Negeri Tirai Bambu sudah mengesampingkan klaim-klaim lain dari sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Filipina.

Kekacauan itu ditambah dengan perselisihan perihal klaim China terhadap Pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, sudah menyokong Biden untuk meningkatkan aliansi di daerah tersebut. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles