22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Babiya, Buaya Vegetarian Berusia 70 Tahun di Kuil India

New Delhi, MISTAR.ID

Bukan buaya biasa, agaknya sebutan ini cocok untuk seekor buaya vegetarian di India. Buaya yang doyan sayur itu menjalani hidup yang berbeda dengan buaya pada umumnya.

Buaya bernama Babiya ini tinggal di Kuil Sri Ananthapura di Distrik Kasaragod Kerala Utara, India. Babiya diklaim sudah tinggal di kuil tersebut selama lebih dari 70 tahun.

Dilansir dari Oddity Central, Kamis (21/10/21), Babiya banyak menghabiskan waktu di kolam yang berada di wilayah kuil. Namun beberapa kali ia juga masuk ke kuil dan bercengkerama bersama para pendeta di sana. Tidak ada yang tahu pasti asal-usul Babiya dapat tinggal di Kuil Kerala. Yang jelas, Babiya tampak nyaman tinggal di sana. Ia juga tak pernah menyerang para pendeta dan pengunjung. Babiya justru dianggap suci.

Baca Juga:Seram! Penampakan Buaya di Pemukiman Warga Aek Natas, Dievakuasi BKSDA Sumut

“Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1945, seekor buaya yang juga kemudian disebut Babiya muncul di kolam kuil beberapa hari setelah seorang perwira tentara Inggris dibunuh secara misterius oleh binatang yang tidak dikenal. Dikatakan bahwa petugas telah menembak seekor buaya yang berada di kuil pada waktu itu,” kata Ketua Dewan Pengawas Kuil Mahalingeshwara Bhat.

Untuk kebutuhan makan, Babiya selalu diberikan makanan vegetarian. Para pendeta meyakini, Babiya dapat hidup puluhan tahun hanya dari nasi.

Setiap harinya, Babiya menerima nasi sebanyak dua kali yakni di pagi hari dan sore hari. Babiya tidak makan daging. Buaya itu juga tidak makan ikan di kolam.

Baca Juga:Buaya Raksasa Ditangkap Setelah Memangsa 80 Warga di Uganda

“Saya memberi makan Babiya 1 kilogram nasi setiap hari. Dia tidak diberi makan daging, dia bahkan tidak menyerang ikan di kolam,” kata salah seorang staf di kuil itu.

Sementara itu pakar buaya Anirban Chaudhuri menjelaskan bahwa Babiya merupakan jenis buaya Mugger. Umumnya, buaya ini akan memakan ikan, mamalia kecil, hingga mamalia besar seperti rusa dan babi hutan.

“Jika diberi pilihan, buaya akan selalu memilih makanan alaminya. Tetapi penting dipahami bahwa mereka adalah penyintas yang hebat dan dikenal sebagai hewan yang tangguh,” ujarnya.

Baca Juga:Geger, Seekor Buaya Ditemukan di Sungai Deli

“Oleh karena itu, kemungkinan besar buaya di kolam kuil terutama memakan ikan di sana dan mengonsumsi nasi sebagai bagian dari perilaku terkondisi. Bola nasi diumpan dua kali sehari hanya sebagai pelengkap makanannya,” sambungnya.

Selama 70 tahun berada di kuil, ia tidak pernah menyerang manusia di sana. Ketika memasuki bangunan kuil tahun lalu dan pendeta kepala Chandraprakash Nambisan memintanya untuk kembali ke kolamnya, reptil itu mendengarkan, berbalik, dan kembali ke tempat favoritnya.

Selama bertahun-tahun, Kuil Danau Swamy Sri Ananthapadmanabha di Kasaragod telah menjadi terkenal sebagai rumah buaya vegetarian yang tidak berbahaya. Sekarang kuil ini menjadi tempat wisata, di mana banyak orang berkunjung hanya untuk melihat Babiya. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles