23.5 C
New York
Monday, July 29, 2024

5 Ribu Lebih Warga Korut Terjebak Banjir Berhasil Dievakuasi

Pyongyang, MISTAR.ID

Presiden Kim Jong Un memimpin langsung proses evakuasi terhadap lebih dari 5.000 orang yang terjebak akibat banjir di barat laut Korea Utara (Korut) melalui udara dan metode lainnya.

Dirangkum dari AP, pada Senin (29/7/24), hujan deras pada akhir minggu lalu sudah membuat sungai di perbatasan Korut dan China meluap sampai ke tingkat berbahaya.

Sebanyak 10 unit helikopter militer dan kapal angkatan laut dikerahkan untuk tahapan evakuasi di Kota Sinuiju dan Uiju.

Baca juga:12 Orang Dipenjara Imbas Banjir Libya Tewaskan 4 Ribu Lebih Jiwa

Belum dijelaskan adanya korban jiwa atau tingkat kerusakan yang terjadi. Akan tetapi diinformasikan setiap helikopter melakukan sejumlah misi evakuasi di tengah cuaca buruk dan sukses menyelamatkan ribuan orang via evakuasi udara.

Kantor berita KCNA mengutip pernyataan Kim Jong Un menyatakan, operasi penyelamatan ini merupakan keajaiban sebab lebih dari 5.000 orang berhasil diselamatkan.

Banjir di Negeri Para Petapa acap kali menyebabkan kerusakan parah pada lahan pertanian, akibat sistem drainase yang buruk, deforestasi, dan infrastruktur yang rusak.

Baca juga:China Alokasikan 350 Juta Yuan untuk Penanggulangan Banjir

Tahun 2020 lalu, topan dan hujan deras sudah membuat beberapa krisis bersama dengan pembatasan soal pandemi dan sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap program nuklir. (bs/hm16)

Related Articles

Latest Articles