13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

2 Kali Vo Thi Anh Ditunjuk Jadi Presiden Vietnam Sementara

Hanoi, MISTAR.ID

Vo Thi Anh Xuan diketahui sudah 2 kali menjabat sebagai Presiden Vietnam sementara.

Ini pasca Presiden, Vo Van Thuong mundur dari jabatan. Itu membuat Xuan  yang sebelumnya menjadi Wakil Presiden (Wapres) ditunjuk sebagai Presiden ad interim.

Penunjukan Xuan dilaksanakan oleh Politbiro Partai Komunis Vietnam, pada Kamis (21/3/24).

Baca juga:Satu Tahun Menjabat, Presiden Vietnam Mengundurkan Diri

Xuan akan menduduki posisi orang nomor 1 di Vietnam sampai Majelis Nasional menggelar pemungutan suara untuk memilih Presiden baru.

Ini adalah kali kedua Xuan sebagai Presiden ad interim dalam periode 2021-2026. Bulan Januari tahun lalu, dirinya menjabat posisi itu selama lebih dari 1 bulan usai Nguyen Xuan Phuc mengundurkan diri.

“Saat menjadi Presiden sementara, Xuan menunjuk 13 Duta Besar (Dubes) baru untuk Vietnam di luar negeri,” seperti pernyataan dikutip dari VN Express.

Xuan adalah jebolan S2 manajemen publik. Dirinya sebagai Wapres termuda yang dipilih Majelis Nasional pada April 2021 di umur 51 tahun.

Baca juga: Pernah Abaikan Perintah Langsung, Pilot Perang Vietnam Terima Medali Kehormatan

Sebelumnya, Thuong mengundurkan diri dari jabatannya. Partai Komunis Vietnam sudah menerima surat mundur Thuong, pada Rabu (20/3/24).

Diinformasikan Komite Partai Pusat, sebuah badan pembuat keputusan utama di Vietnam yang dikuasai Partai Komunis sudah menyetujui pengunduran diri Thuong.

Pemerintah Vietnam menuturkan, Thuong telah melanggar aturan partai dan berimbas negatif terhadap opini publik, mempengaruhi reputasi partai, negara dan dirinya secara pribadi.

Tetapi pihak pemerintah tak menjelaskan secara mendetail penyebab Thuong mundur. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles