17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Pernah Abaikan Perintah Langsung, Pilot Perang Vietnam Terima Medali Kehormatan

Washington, MISTAR.ID

Presiden Joe Biden, menganugerahkan medali kehormatan tertinggi militer kepada seorang pilot helikopter perang Vietnam yang pernah mengabaikan perintah langsung atasannya.

Kapten Purnawirawan Angkatan Darat Larry Taylor, sekarang berusia 81 tahun, saat perang di Vietnam menerbangkan helikopter Cobra yang dipilotinya ke kancah baku tembak untuk menyelamatkan empat personel tentara AS yang sedang terkepung musuh pada tahun 1968.

Saat itu, Taylor diperintahkan agar segera kembali ke pangkalan, namun dia menolak ketika mengetahui tidak ada lagi helikopter penyelamat yang dikirim untuk tim tersebut.

“Helikopter Cobra belum pernah digunakan untuk misi semacam itu sebelumnya,” kata Angkatan Darat.

Baca Juga: Mantan Pimpinan Proud Boys Pendukung Trump Divonis 22 Tahun Penjara

Atas aksi partiotiknya itu, Taylor akhirnya menerima medali kehormatan di Gedung Putih.

Peristiwa itu dimulai pada malam hari tanggal 18 Juni 1968. Saat itu tim patroli pengintaian jarak jauh AS yang terdiri dari 4 orang dikepung pasukan musuh di luar Kota Ho Chi Minh.

Larry Taylor yang saat itu berpangkat letnan satu (Lettu) kemudian mengetahui kondisi tim tersebut dan tidak akan ada lagi helikopter yang dikirim.

Namun, menyadari bahwa rute pelarian tim tersebut merupakan jebakan maut. Taylor langsung mengirimkan pesan radio untuk menentukan titik ekstraksi baru.

Related Articles

Latest Articles