6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

180 Jemaat Gereja Di California Dicemaskan Tertular Corona

California, MISTAR.ID
Pascaseseorang yang mengikuti misa pada Hari Ibu beberapa waktu lalu dinyatakan positif corona, sebanyak 180 jemaat gereja di negara bagian California Amerika Serikat terancam terpapar virus corona (Covid-19),

Menurut laporan Dinas Kesehatan Butte County, California, Senin (18/5/20), individu tersebut dinyatakan positif virus corona sehari setelah menghadiri misa dan saat ini diisolasi di rumah.

Mereka lantas mengontak para jemaat yang menghadiri misa, dan meminta untuk melakukan karantina mandiri. Para petugas kini sedang berusaha memeriksa jemaah tersebut satu-persatu.

“Sampai saat ini, lembaga yang menggelar kegiatan keagamaan secara individu atau dan berkumpul mempertaruhkan keselamatan dan keamanan jemaah, masyarakat umum dan kemampuan pemerintah daerah terhadap risiko yang sangat besar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Butte County, Danette York.

Menurut data Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, sampai Minggu (17/5/20), tercatat ada 78.800 kasus virus corona di negara bagian California. Sebanyak 3.200 orang di antaranya meninggal.

Gubernur California Gavin Newsom, sejak Maret lalu sudah melarang kegiatan yang mengundang keramaian, termasuk ibadah di gereja, serta mewajibkan para penduduk tetap berada di rumah untuk sementara.

Meski saat ini negara bagian California mencabut larangan tersebut bagi beberapa kegiatan, tetapi kegiatan ibadah secara berjemaah masih tetap dilarang untuk sementara.

Kejadian ini juga memperlihatkan pertentangan yang terjadi antara pemerintah negara bagian dan kelompok umat beragama. Sejumlah jemaat gereja di AS tetap nekat menggelar misa, meski memang di beberapa negara bagian tidak dilarang, dan mengabaikan anjuran untuk tetap berada di rumah.

Dinas Kesehatan Butte County juga mengecam tindakan kelompok keagamaan yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah daerah. Peristiwa yang sama juga terjadi di Sacramento County pada April lalu, dimana 71 jemaah sebuah gereja yang nekat menggelar misa akhirnya tertular virus corona

Seorang hakim di negara bagian North Carolina juga membatalkan keputusan Gubernur Roy Cooper yang melarang sementara kegiatan di rumah ibadah, dengan alasan melanggar hak-hak penduduk yang dijamin undang-undang dasar.

Cooper menyatakan membolehkan kegiatan keagamaan di luar ruang, tetapi membatasi jumlah jemaah dan harus menjaga jarak satu dengan lainnya.

 

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Andy Hutagalung

Related Articles

Latest Articles