17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Ladang Jagung Seluas 12 Rante di Simalungun Ludes Terbakar

Simalungun, MISTAR.ID

Ladang jagung seluas 12 rante dengan ukuran 5.000 meter persegi milik warga. Di Dusun III Hataran Jawa, Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, mengalami kebakaran pada Selasa malam (20/6/23).

Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Manson Nainggolan, kepada Mistar pada Selasa malam menyebutkan penyebab kebakaran lahan tersebut. Sementara diduga sisa api yang ditinggal pemilik lahan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, pada Selasa sore sekira pukul 16.30 WIB, Anjus, pemilik lahan membakar tumpukkan daun jagung yang ada di lokasi. Namun sang pemilik tidak melakukan pengawasan hingga api padam.

Baca juga: Kebakaran di Jalan Bawal Siantar Timur, Diduga Penyebabnya Pertalite

“Jadi kita duga api tersebut berasal dari sisa pembakaran yang dilakukan sebelumnya,” ujarnya.

Bersama jajaran Personel Polsek Tanah Jawa, masyarakat telah melakukan respons cepat menyikapi peristiwa tersebut. Mereka langsung turun ke lokasi guna melakukan upaya pemadaman api.

Sementara, dalam peristiwa tersebut tidak ada ditemukan korban.

Baca juga: Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Siapkan 15 Pesawat untuk Operasi Modifikasi Cuaca

“Untuk lahan yang terbakar ditaksir sekitar dua belas rante,” ujarnya.

Kompol Manson juga meminta kepada seluruh masyarakat, khusus masyarakat wilayah Tanah Jawa, agar tidak meninggalkan api dalam keadaan hidup. Baik itu di perladangan ataupun di permukiman warga. (Matius/hm21).

Related Articles

Latest Articles