5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Kebakaran di Kecamatan Purba Renggut Dua Nyawa Balita

Simalungun, MISTAR.ID

Satu unit rumah milik Roi Sipayung di Dusun Payalulu, Nagori Purba Dolok, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun habis terbakar. Kebakaran itu juga menewaskan dua anaknya yang masih balita.

Setelah mendapat informasi, Kapolsek Purba AKP M. Sinaga langsung mendatangi lokasi kejadian, melakukan evakuasi terhadap kedua korban, serta menjalankan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi. Dia bilang, peristiwa itu terjadi pada Selasa, (26/3/24) sekitar pukul 22.00 WIB.

Dijelaskan kapolsek, sang ayah saat itu meninggalkan rumah untuk pergi ke warung terdekat dan meninggalkan kedua anaknya yang tertidur yakni, Mikhael Sipayung (3,5) dan adiknya, Josef Sipayung (1,5).

“Tak lama setelah itu, Roi melihat kepulan asap tebal dari arah rumahnya dan segera menyadari bahaya yang terjadi dan segera kembali kerumahnya,” kata Kapolsek Purba, Rabu (27/3/24).

Baca juga: Terkait Kebakaran Toko Kerajinan Kayu Jepara, Ini Penjelasan Kadis Damkarmat

Setelah selesai evakusi, AKP M. Sinaga bilang, kedua korban kebakaran kemudian dibawa ke aula Kantor Pangulu Purba Dolok untuk disemayamkan. Kapolsek menyampaikan, keluarga korban menolak dilakukannya otopsi terhadap jasad kedua balita tersebut, dengan membuat surat pernyataan atas keputusan mereka.

“Kebakaran merenggut nyawa kedua balita, selain itu kerugian materil ditaksir mencapai Rp 25 juta, termasuk kerusakan pada rumah dan sepeda motor yang ikut terbakar,” kata kapolsek.

Sementara itu, Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab pasti kebakaran.Dia juga menekankan pentingnya kesadaran akan bahaya kebakaran dan langkah-langkah pencegahan yang bisa diambil untuk menghindari tragedi serupa di masa depan.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga Simalungun untuk selalu memeriksa dan memastikan keamanan rumah sebelum meninggalkannya, terutama jika di dalam rumah terdapat anak-anak atau orang yang tidak mampu menyelamatkan diri sendiri apabila terjadi keadaan darurat,” ujar AKBP Choky dihari yang sama.

Baca juga: Dalam Kondisi Sakit, Wali Kota Sibolga Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Kapolres pun mengimbau agar masyarakat memperhatian keamanan instalasi listrik di rumah dan memastikan instalasi dalam kondisi baik dan tidak ada kabel yang terkelupas yang dapat menyebabkan korsleting.

“Hati-hati dalam penggunaan lilin, kompor, atau sumber api lainnya. Pastikan api benar-benar padam sebelum meninggalkan rumah atau sebelum tidur,” imbuhnya.

Choky menambahkan, keluarga besar Polres Simalungun turut berduka atas peristiwa yang terjadi. (Indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles