18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Jasad Pelajar SMP yang Tenggelam di Sibolga Ditemukan

Sibolga, MISTAR.ID

Jasad seorang pelajar laki-laki SMP Negeri 1 Sibolga berinisial FL (14) yang tenggelam di Pelabuhan Lama, Kelurahan Kota Beringin, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, akhirnya ditemukan pada Minggu (10/9/23).

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja melalui Kasi Humas, Iptu Suyatno menjelaskan kronologi kejadian. Bermula ketika korban bersama tujuh temannya tiba di Objek wisata Pelabuhan Lama Sibolga, Sabtu (9/9/23) sekira jam 13.00 WIB (setelah pulang sekolah).

“Mereka berencana untuk berenang bersama di Dermaga Pelabuhan tersebut,” terang Suyatno.

Namun, pada jam 14.30 WIB, tragedi tersebut terjadi. Salah seorang teman korban, Renaldi Farhat Hutapea, menyatakan bahwa korban tiba-tiba tenggelam. Renaldi berusaha menyelamatkannya, tetapi korban yang panik membuatnya juga terperangkap di dalam air.

Baca juga: Tuan Kadhi Tewas Tenggelam di Sungai Buaya Deli Serdang

“Renaldi mencoba agar korban melepaskannya untuk bernafas, tetapi saat ia mencoba kembali ke permukaan air dan hendak memegang tangan korban, sayangnya sudah terlambat, korban terbawa oleh arus Dermaga,” beber Suyatno.

Tim pencarian dan penyelamatan dari TNI/Polri, BPBD Sibolga, Basarnas dan masyarakat, mulai melakukan pencarian sejak Sabtu hingga hari Minggu dan berhasil menemukan jenazah korban di sekitar lokasi kejadian dalam keadaan telungkup di dasar air.

Jenazah korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Dr. FL. Tobing untuk dilakukan visum. Pemeriksaan medis yang dilakukan oleh tim medis RSU Dr. FL. Tobing, dipimpin oleh dr. Ronald Sihite, tidak menunjukkan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

“Mereka menyimpulkan bahwa korban meninggal murni akibat tenggelam,” ungkap Suyatno.

Baca juga: Siswa SMK Tenggelam di Sungai Belumai Deli Serdang

Lebih lanjut, Suyatno mengatakan bahwa keluarga korban telah memberikan pernyataan tidak akan menuntut atas kematian korban. Jenazah korban kemudian diserahkan kepada keluarga untuk proses pemakaman.

“Kejadian ini menjadi pengingat pentingnya keselamatan saat beraktifitas di sekitar perairan dan menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak,” tuturnya. (Syaiful/hm20)

Related Articles

Latest Articles