10 C
New York
Friday, May 10, 2024

Gunung Anak Krakatau Keluarkan Abu Vulkanik, Status Siaga

Lampung, MISTAR.ID

Gunung Anak Krakatau kembali mengeluarkan abu vulkanik, Selasa (28/11/23) sekitar pukul 06.29 WIB. Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Anggi Nuryo Saputro, mengatakan gunung api tersebut melepaskan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari puncaknya.

“Abu terlihat berwarna kelabu hingga hitam dan memiliki intensitas tebal ke arah utara. Letusan Gunung Anak Krakatau terdeteksi di seismograf dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi 130 detik,” ungkap Anggi.

Letusan pagi ini membuat Gunung Anak Krakatau berada pada status level III atau siaga. Dipastikan Anggi, ini bukan kali pertama Gunung Anak Krakatau mengeluarkan abu vulkanik. Sejak awal tahun hingga 28 November 2023, gunung api tersebut telah meletus sebanyak 80 kali.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Semburkan 1.000 Meter Abu Vulkanik

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau agar masyarakat tidak berada dalam jarak radius lima kilometer dari kawah aktif.

Perlu diketahui, letusan Gunung Anak Krakatau biasanya berupa erupsi eksplosif dan erupsi efusif, dengan interval letusan berkisar antara satu hingga enam tahun.

Erupsi-erupsi tersebut menghasilkan abu vulkanik, lontaran lava pijar, dan aliran lava yang secara perlahan membangun struktur tubuh gunung api ini. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles