18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 2,5 Guncang Brastagi

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 2,5 mengguncang Brastagi Kabupaten Tanah Karo, Minggu (30/1/22) pukul 16.37 WIB.

Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyebutkan, episenter terletak pada koordinat 3.26 LU dan 98.45 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 Km Barat Laut Kabupaten Karo, pada kedalaman 4 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktifitas sesar lokal di sekitar Kabupaten Karo,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Darmawan.

Baca Juga:Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,4 Guncang Madina

Darmawan menjelaskan, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Brastagi dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). “Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi itu,” katanya.

Darmawan menyebutkan, hingga pukul 17.29 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktifitas gempa bumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles