11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

Banjir di Bireuen, 3.458 Rumah Terendam dan 1.199 Orang Mengungsi

Aceh, MISTAR.ID

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bireuen, Aceh, Kamis (25/1/24) malam, merendam 3.458 rumah dan membuat 1.199 orang mengungsi. Selain itu, banjir setinggi 30-100 cm itu juga merendam 32 hektare (Ha) sawah.

“Banjir terjadi di Kecamatan Jeunieb, Kecamatan Peulimbang, dan Kecamatan Pandrah. Korban jiwa terdampak banjir sebanyak 3.458 KK / 13.832 jiwa dan 1.199 jiwa mengungsi,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu (27/1/24).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireun telah menyampaikan informasi kepada masyarakat akan potensi banjir susulan karena cuaca mendung, berpotensi hujan ringan dan lebat.

Baca Juga : Desa Pintu Padang Ulu Barumun Kembali Diterjang Banjir Bandang

Pusdalops BPBD Kabupaten Bireun, Ammar Zaki mengatakan, pihaknya telah melakukan penanganan bersama dinas teknis terkait dengan beberapa lokasi titik pengungsi yang membuka dapur umum di desa terdampak bencana dan telah disalurkan bantuan oleh dinas sosial Kabupaten Bireuen dan dari Provinsi Aceh.

“Sampai saat ini belum ada kendala yang signifikan terkait penanganan banjir. Tapi penanganan terbatas dengan peralatan berupa alat berat untuk membersihkan material yang tersangkut di beberapa jembatan,” katanya.

Dia memastikan, pada hari ini kondisi banjir sudah surut dan sudah banyak warga yang sudah kembali ke rumah masing-masing. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles