6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

50 Warga Rantauprapat Keracunan Massal, Usai Konsumsi Makanan dari Perwiritan

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Sebanyak 50 orang warga yang berdomisili di Lingkungan Sei Buaya, kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, mengalami keracunan massal. Keracunan ini dididuga dipicu setelah para korban mengkonsumsi makanan yang didapatkan usai melakukan acara rutin perwiritan ibu-ibu di Kelurahan Urung Kompas, Lingkungan Padang Pasir, Senin (19/2/24).

Usai mengkonsumsi makanan tersebut, korban yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa itu merasa pusing, mual dan muntah-muntah.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, Friska E Simanjuntak, Selasa (20/2/24), membenarkan hal tersebut. “Sekitar 50 orang mengalami keracunan, untuk sementara diduga dari makanan yang didapat dari perwiritan ibu-ibu di Padang Pasir di rumah saudara Umar,” ujarnya.

Menurut Friska, para korban mulai merasakan mual dan muntah-muntah pada hari Senin, dan kini seluruh korban dirawat di RSUD Rantauprapat yang sebelumnya mendapatkan pertolongan pertama dari puskesmas.

Baca Juga : 79 Warga Keracunan Massal di Asahan

Adapun makanan yang dikonsumsi para korban yakni nasi bungkus, berisikan lauk, telur rendang dan sayur tumis. “Sudah kita ambil sampel dari makanan tersebut untuk dilakukan uji laboratorium,” katanya.

Dari pantauan di lapangan, para korban mendapatkan perhatian cukup dari pemerintah daerah setempat. Terlihat Sekdakab Labuhanbatu Ir Hasan Heri Rambe dan Kapolres Labuhanbatu AKBP Bernhard L Malau menjenguk para korban di RSUD Rantauprapat tempat pasien dirawat.

Sementara beberapa korban yang ditemui berinisial (IE) alias Ismail Efendi, (AS) alias Arfan Siregar dan (RS) alias Rusli Siregar, belum bisa memberikan keterangan karena dalam masa perawatan dokter. (yazis purba/hm24)

Related Articles

Latest Articles