13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Ramadhan dan Lebaran 2024, Pertamina Prediksi Permintaan BBM Meningkat 9%

Medan, MISTAR.ID

Menghadapi Satgas Ramadhan dan Idulfitri (RAFI) di 1445 Hijriah ini, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memprediksi permintaan BBM akan meningkat 9%. Untuk itu, bersama Hiswana Migas bersiap memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG di berbagai wilayah.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar mengatakan, pihaknya memprediksi pemakaian BBM dan LPG pada masa Ramadhan dan libur Lebaran 2024 akan naik dari biasanya. Sehingga, pihaknya menyiagakan sebanyak 381 SPBU baik di jalur wisata dan jalur utama mudik.

“Kita prediksi seluruh bahan bakar akan mengalami kenaikan (permintaan) di masa Ramadhan dan libur Lebaran. Kecuali untuk solar yang akan memang untuk angkutan akan menurun. Jadi keluarganya gasoline mungkin naik lebih kurang 9%. LPG naik lebih kurang 8%. Sementara untuk gasoil itu turun kita prediksi 9% karena memang industri pada meliburkan diri, kemudian juga angkutan logistis dibatasi oleh pemerintah daerah,” ujarnya dalam temu pers sekaligus buka puasa bersama di Medan, Senin (25/3/24) malam.

Baca Juga : Pertamina Sumbagut Siagakan Posko Medis Gratis Selama Nataru di Empat Titik SPBU

Di samping itu, kata Freddy, untuk mendukung layanan yang prima kepada masyarakat, Pertamina menyiapkan berbagai fasilitas tambahan mulai dari namanya SPBU Motorist yang tersedia di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Riau.

“Di Sumatera Utara SPBU Motorist ini ada di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Asahan, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Toba. Adapun SPBU Motorist ini petugas pembawa BBM yang mengendarai motor selama arus mudik-balik Lebaran 2024. Ada 18 SPBU Motorist yang kita hadirkan untuk area yang tidak terjangkau SPBU Reguler,” ungkapnya.

Baca Juga : Pertamina Sumbagut Bantah BBM Solar Langka

Selain itu, Pertamina juga menyediakan 31 SPBU Kantong yang bertujuan untuk mengantisipasi pasokan SPBU apabila terjadi kenaikan permintaan BBM yang utamanya di jalur wisata dan jalur utama mudik.

“Kemudian kita juga menyiagakan SPBU di jam-jam strategis, baik di lintas utama, lintas wisata maupun lintas mudik. Terdapat juga 7 posko kesehatan dan 6 SPBU modular. Kita juga menyediakan agen LPG Siaga, Pangkalan Siaga, SPBU Siaga. Namanya siaga, maka kita bersama Hiswana Migas Sumut satu barisan yang namanya seluruh jenis industri kita baik agen LPG, kemudian pangkalan LPG yang ditugaskan itu wajib buka. Supaya masyarakat betul-betul bisa nyaman merayakan Idulfitri 2024. Bila ada keluhan bisa menghubungi layanan pertamina di 135,” pungkasnya. (anita/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles