16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Pengganti Pertalite Sudah Dijual Bebas di SPBU Pertamina, Cek Ciri-ciri Bensin Barunya

Rencana akan dihapusnya Pertalite ini sudah sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang nantinya bensin paling rendah yang bisa dijual di Indonesia minimal memiliki RON 91.

Sementara Pertalite sebagai bensin paling murah cuma memiliki RON 90. Apakah nantinya Pertamax Green 92 akan mendapat subsidi pemerintah?

Direktur Utama PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati menyebut harga Pertamax Green 92 diperkirakan akan masuk kategori BBM tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Baca juga : Pertalite Akan Dihapuskan Tahun 2024, Pertamina Keluarkan Pertamax Jenis Baru

“Saat ini, menjadi program pemerintah tentu harga Pertamax Green 92 regulated. Tidak mungkin namanya JBKP harganya diserahkan ke pasar. Hal ini karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya,” jelas perempuan berhijab itu beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika rencana penghapusan Pertalite disetujui pemerintah maka nantinya Pertamina hanya akan menjual tiga jenis BBM.

Ketiga jenis BBM tersebut adalah Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo. Pertamax Green 92 sendiri terbuat dari Pertalite (RON 90) yang dicampur dengan bioenergi Etanol sebesar 7 persen (E7).

Bioenergi ini merupakan energi terbarukan yang sudah teruji oleh Worldwide Fuel Charter (WWFC). Selanjutnya, Etanol sendiri berasal dari molases tebu dan menjadi bahan bakar nabati yang terbarukan. (motorplus/hm18)

Related Articles

Latest Articles