10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pasar Keuangan Global Diperkirakan Tertekan Sepekan ke Depan

Medan, MISTAR.ID

Pengamat Ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin mengatakan tekanan di pasar keuangan domestik dalam sepekan ke depan berpeluang terjadi. Hal ini merujuk pasa kinerja sejumlah bursa global yang di akhir pekan lalu mengalami tekanan. Hal ini dipicu membaiknya data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang diterjemahkan sebagai kemungkinan adanya kenaikan suku bunga acuan dalam waktu dekat.

“Dalam sepekan ini, sejumlah bank sentral di beberapa negara berkembang diperkirakan akan menaikkan besaran bunga acuannya. Kebijakan tersebut dilakukan guna mengimbangi normalisasi kebijakan moneter global yang dimotori oleh Bank Sentral AS,” kata dosen UISU ini, Senin (6/6/22).

Menurutnya lagi, pasar keuangan global akan menghadapi sejumlah tekanan berat seiring dengan kemungkinan data inflasi yang berpeluang menunjukkan adanya ancaman bagi pasar keuangan.

Baca juga: Pekan ini Pasar Keuangan Berpeluang Tertekan

“Rilis data inflasi sejumlah negara besar yang diperkirakan masih bertahan tinggi akan membuat pasar keuangan berada dalam tren turun,” tambahnya.

Sementara itu, selama sepekan ke depan belum ada data ekonomi yang secara signifikan mampu mendorong penguatan kinerja pasar saham maupun pasar uang secara keseluruhan.

“Dan bagi IHSG maupun rupiah, pekan ini berpeluang untuk terkoreksi. Dalam sepekan ini memang akan ada rilis data cadangan devisa nasional. Tetapi diperkirakan tidak akan banyak membantu pasar keuangan kita,” pungkasnya.

Meski demikian, Gunawan meyakini tekanan di pasar keuangan di Tanah Air masih akan sangat terbatas. Tetap menyisahkan kemungkinan kinerja yang baik, khususnya di pertengahan hingga perdagangan di akhir pekan. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles