11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pantau Saham 3 Big Bank Indonesia Raih Untung Besar

Jakarta, MISTAR.ID

Sejumlah bank besar di Indonesia telah mulai memberitahukan laporan keuangan periode kuartal III-2023.

Seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) hingga PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

Setiap bank menorehkan melonjaknya keuntungan yang impresif. Sebaliknya ada yang mencapai Rp 40 triliun.

Baca juga:Cegah TPPU di Pusaran Pemilu 2024, Bank Sumut Akui Tak Miliki Satgas

Hanya saja bagaimana dengan prestasi sahamnya? Akhir-akhir ini, saham perbankan raksasa Tanah Air tengah merasai pelemahan. Salah satu pemicunya adalah kebimbangan ekonomi dunia efek kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve.

Pelemahan lini finansial ikut menarik prestasi IHSG yang kembali tertekan dan saat ini berada di tingkat psikologis 6.700.

Berikut 3 ekuitas perbankan dengan laba bersih kuartal III-2023.

BBCA

Baca juga:Berikut Informasi Kualifikasi Bank di Indonesia dan Contohnya

Badan usaha yang mengeluarkan kertas berharga untuk diperdagangkan perbankan kepunyaan keluarga Hartono, Bank Central Asia atau BCA, membukukan profit bersih perusahaan dan entitas anak menggapai Rp 36,4 triliun sampai penghujung kuartal III-2023. Catatan laba itu meningkat 25,8% dibandingkan dengan capaian dalam 9 bulan pertama tahun sebelumnya.

Dari sisi top line, pendapatan bunga bersih naik 21,3% ala tahunan menjadi Rp 55,9 triliun, dengan keuntungan selain bunga tumbuh 9,7% membuat Rp 18,3 triliun.

Perkembangan ini didorong oleh ekspansi volume kredit, perubahan kualitas pinjaman, imbal hasil yang lebih tinggi, serta naiknya pendapatan fee dan komisi sejalan dengan peningkatan jumlah transaksi.

Per 25 Oktober 2023, saham BBCA sudah mengalami net sell oleh investor asing sebesar Rp 2,1 triliun. Melansir RTI Business, saham BBCA beranjak minus 4,35% dalam sebulan terakhir.

Baca juga:Minta Agunan Tambahan, Kemenkop-UKM Berikan Sanksi Pada Bank Penyalur KUR

Perdagangan sesi I, pada Selasa (31/10/2023) sekitar pukul 11.50 WIB, ekuitas BBCA tercatat terkoreksi 0,85% di 8.775 per saham.

BBRI

Related Articles

Latest Articles