27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Indonesia Masuk 15 Besar Ekonomi Terbaik Dunia

Depok, MISTAR.ID

Negara di kawasan ASEAN dianggap sebagai salah satu wilayah yang memiliki kinerja ekonomi terbaik di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Prof Bambang Soemantri Brodjonegoro pada Rabu (7/6/23) di Depok.

Bambang menilai, perekonomian di ASEAN relatif stabil, Pertumbuhannya tinggi, inflasi dapat dikelola dan masyarakatnya miliki kesejahteraan yang terus membaik.

“Meskipun ada kekurangan disana-sini, tapi itulah suatu aset dari ASEAN yang selalu harus dijaga. Artinya kerja sama hubungan ekonomi antarnegara ASEAN harus terus dijaga, perdagangan terus ditingkatkan, kemudian investasi juga ditingkatkan,” ujarnya dilansir dari Antara.

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Positif Merata di Seluruh Wilayah RI

Keketuaan Indonesia, lanjut Bambang, bisa dijadikan contoh bahwa negara berdasar Pancasila ini masuk 15 besar ekonomi terbaik dunia. Indonesia sekarang juga telah naik kelas dari lower middle menjadi upper middle dalam hal ekonomi.

“Kita berharap hal ini akan diikuti oleh negara ASEAN lain, seperti Vietnam yang pertumbuhan ekonominya sangat bagus. Sehingga kita bisa mengambil contoh-contoh terbaik untuk diaplikasikan negara masing-masing,” tambahnya.

Kembali dikatakan Bambang, Indonesia telah melakukan ASEAN Free Trade Area. Menjalin kerjasama dagang dengan negara lain juga sudah dilakukan.

Baca juga: Dirut Bluebird Mengatakan Bahwa Transportasi Adalah Tulang Punggung Ekonomi

“Jangan menganggap sudah kerja sama semua beres padahal banyak PR yang masih harus diselesaikan. Ketika kita bekerjasama dengan negara lain,” ujar mantan Menteri Keuangan tersebut.

Kerja sama dagang dalam lini ekspor-impor adalah yang utama lalu kerjasama investasi, transfer teknologi dan lainnya.

“Saya yakin masih banyak yang bisa bekerja sama antar sesama negara ASEAN yang sudah lama dikenal asosiasi kawasan yang solid,” ujarnya. (Antara/hm21).

Related Articles

Latest Articles