11.9 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Indonesia Bakal Jadi Produsen Katoda Nomor 2 di Dunia, Jika Tiga Tambang Tembaga ini Beroperasi

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia bakal memiliki tiga cadangan tembaga baru yang akan beroperasi 5 tahun mendatang, sehingga berpotensi menjadi salah satu produsen katoda tembaga terbesar nomor 2 di dunia.

Ketua Umum Indonesian Mining Association (IMA), Rachmat Makkasau mengatakan beroperasinya tambang tembaga baru itu dapat menambah kapasitas produksi smelter konsentrat tembaga dalam negeri dan RI .

Dia mengungkapkan tiga cadangan baru itu sudah mencapai tahap eksplorasi akhir. Adapun, ketiga tambang itu ada di Tambang Tujuh Bukit Banyuwangi, Tambang Sumbawa Timur Mining Sumbawa, dan Tambang Gorontalo Mineral Sulawesi.

Baca juga : Kontrak PT Freeport Indonesia Bakal Diperpanjang 20 Tahun Lagi

“Kalau ketiga itu beroperasi dalam rentang berapa tahun yang akan datang, ini akan menambah produksi Indonesia,” kata Rachmat di Jakarta, Selasa (8/10/24).

Menurut Rachmat, penambahan cadangan tersebut akan menguntungkan Indonesia. Pasalnya, berdasarkan data yang ia kantongi pada tahun-tahun tersebut produksi katoda tembaga negara lain sedang turun.

Dikatakan Rachmat, jika ketiga tambang tadi sudah beroperasi, produksi katoda tembaga RI bisa menembus lebih dari 2 juta ton per tahun. Saat ini, kapasitas produksi katoda tembaga RI baru mencapai 1,5 juta ton per tahun.

Related Articles

Latest Articles