24.6 C
New York
Wednesday, July 31, 2024

Imbas Serangan Roket ke Dataran Tinggi Golan, Harga Minyak Dunia Naik

Jakarta, MISTAR.ID

Kekhawatiran konflik Timur Tengah meluas usai serangan roket ke Dataran Tinggi Golan picu kenaikan harga minyak dunia, Senin (29/7/24). Dataran Golan merupakan daerah yang diduduki Israel. Negara Zionis maupun Amerika Serikat (AS) menuding milisi Hizbullah di Lebanon bertanggungjawab atas serangan itu.

Minyak mentah Brent berjangka naik 20 sen atau 0,3 persen menjadi US$81,33 per barel. Lalu, minyak mentah West Texas Intermediate AS (WTI AS) naik 9 sen atau 0,1 persen menjadi US$77,25 per barel.

Baca Juga : Dampak Konflik di Laut Merah, Minyak Dunia Naik

Analis Fujitomi Securities, Toshitaka Tazawa dalam sebuat pernyataannya menyebut kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan di Timur Tengah mendorong pembelian baru. “Tetapi kenaikan dibatasi oleh kekhawatiran yang masih ada tentang melemahnya permintaan di Tiongkok,” katanya.

Kenaikan ini berbanding terbalik dengan pekan lalu, dimana harga minyak di dua acuan tersebut sempat turun. Penyebabnya, permintaan minyak Tiongkok yang menurun dan harapan akan tercapainya kesepakatan gencatan senjata Gaza. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles