10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Cara Menggunakan QRIS Antarnegara dalam 5 Langkah Sederhana

Jakarta, MISTAR.ID

Ini adalah kabar baik bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Sekarang Anda tidak perlu repot lagi menukar uang di money changer. Berbelanja di mal, bertransaksi di hotel, dan membayar pesanan di restoran semakin mudah dengan aplikasi pembayaran digital.

Mengutip dari bahasa Indonesia.Mulai tahun 2023, menurut go.id, bank sentral dari lima negara ASEAN—Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT)—akan bekerja sama untuk mewujudkan dan mendukung pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Implementasi Quick Response Indonesian Standard (QRIS) atau QR lintas negara adalah salah satu perwujudannya.

Baca juga : BRI Catat Transaksi QRIS Naik 1.000 persen Pada Libur Lebaran

Sebenarnya apa QR antarnegara itu?

Pengertian QR antarnegara

Menurut laman Bank Indonesia, pembayaran lintas negara QR Code adalah sistem pembayaran lintas negara yang dapat digunakan untuk transaksi antarnegara dan berbasis kode QR.

Transaksi keuangan lintas negara dengan QR Code hanya perlu memindai kode QR saat berbelanja di negara yang dikunjungi.

Oleh karena itu, wisatawan asing dapat membayar transaksi di Indonesia dengan memindai QRIS penjual Indonesia dan menggunakan aplikasi pembayaran negaranya. Saat ini, setidaknya ada 15,7 juta penjual (mitra dagang) yang tergabung dalam QRIS Indonesia.Sebaliknya, pembayaran atas transaksi wisatawan Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QR standard negara yang dikunjunginya dengan menggunakan aplikasi pembayaran Indonesia.

Thailand sekarang dapat menggunakan QR Code Payment antara negara, tetapi Malaysia dapat menggunakannya sejak Mei 2023.

Selain itu, QR Code Payment Singapura sedang dalam proses pengembangan atau pembukaan. Dengan demikian, warga negara dari masing-masing dari empat negara anggota ASEAN dapat menggunakan QR Code Payment satu sama lain.

Baca juga : Jumlah Merchant QRIS di Sumut Tumbuh 33%

Layanan QRIS tengah dikembangkan di luar negara ASEAN. Misalnya, QRIS Jepang akan datang segera. BI dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang memperluas kerja sama melalui penandatanganan Nota Kerja Sama (NK) terkait pembayaran berbasis kode QR.

QR Code Indonesian Standard (QRIS) dan Japan Unified QR Code (JPQR) digunakan untuk kerja sama pembayaran digital antara negara.

Bagaimana penggunaan QRIS antarnegara dapat dilakukan?

Terlebih dahulu, Anda harus mengunduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan untuk memanfaatkan kemudahan QRIS antarnegara.

  1. Buka aplikasi pembayaran dan pilih menu “Scan QRIS”;
  2. Masukkan jumlah nominal yang akan dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal.
  3. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (otomatis terkonversi, misalnya, 10 ฿ akan otomatis menjadi Rp4.500);
  4. Anda akan diberitahu bahwa transaksi berhasil dengan memasukkan PIN Anda; dan
  5. Pembayaran antarnegara dengan QRIS selesai.

Sejalan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN dan co-chairmenship Jepang pada ASEAN+3 di tahun 2023, kerja sama sistem pembayaran berbasis kode QR ini merupakan bukti implementasi dari Roadmap G20 untuk Meningkatkan Pembayaran Luar Negeri. Ini juga merupakan terobosan dalam memperkuat integrasi ekonomi kawasan. (Kontan.co.id/hm19)

Related Articles

Latest Articles