11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

BI Siapkan Rp6,5 T Kebutuhan Uang untuk Ramadhan dan Idulfitri di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Ramadhan dan Idulfitri 2023/1444 H diperkirakan kebutuhan uang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meningkat. Untuk itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumut menyediakan uang kartal sebanyak
Rp6,5 triliun. Jumlah ini naik 49 persen dibanding realisasi tahun 2022 lalu.

Hal ini dijelaskan Kepala KPw BI Sumut Doddy Zulverdi yang memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar (ULE) pada periode HBKN Ramadhan dan Idul Fitri 2023 dengan estimasi kenaikan sekitar 49% (yoy) dibandingkan tahun lalu (2022) yang hanya Rp4,97 triliun.

“Kebutuhan uang ini akan kami sediakan melalui kantor BI Sumut yang akan didistribusikan melalui perbankan di Sumut seperti Bank Umum, BPR, Bank Kas titipan yang kami miliki di Kabanjahe dan Tebing Tinggi. Terus juga mobil kas keliling dan dari perbankan. Nanti kita sepakati jadwal dan lokasinya,” sebut Doddy dalam keterangan media, Selasa (21/3/23) sore.

Baca juga: KPwBI Siantar-Simalungun Tinjau Pasar Menjelang Ramadhan, Ini Hasilnya

Menurutnya kenaikan jumlah penukaran uang baru yang disiapkan untuk Lebaran tahun ini karena berbagai aspek, seperti adanya pertumbuhan ekonomi, pencabutan PPKM sehingga mobilitas masyarakat juga meningkat.

“Selain itu salah satu faktor lainnya yaitu potensi peningkatan arus mudik tahun ini. Maka dari itu kita telah adanya koordinasi dengan pihak perbankan,” jelasnya yang didampingi Deputi Direktur Poltak Sitanggang.

Adapun untuk layanan setoran dan penarikan bank dapat dilakukan setiap hari kerja (Senin-Jumat) pada pukul 08.00-11.30 WIB. Kemudian untuk layanan penukaran dapat melalui mobil Kas Keliling tanggal 3-19 April 2023 dan diikuti oleh perbankan di Medan, lokasi akan diumumkan melalui IG Bank Indonesia (@bank_Indonesia_sumut) dan media komunikasi KPwBI Prov Sumut lainnya, pendaftaran melalui aplikasi Pintar.

Baca juga: BI Siantar Ungkap Data Temuan Uang Palsu di Depan Jaksa

BI Sumut juga menerima masyarakat yang akan memeriksa uangnya apakah palsu atau tidak pada Selasa dan Kamis. Namun di bank juga bisa diperiksa uangnya yang dilakukan setiap hari pada jam kantor bank. Ditambahkan Doddy, pada 2023 sampai 28 Februari, BI menerima uang palsu sebanyak 816 lembar. Sedangkan di 2022 sebanyak 3.055
lembar.

“Perlu diketahui untuk penukaran uang BI akan ditutup pada 20-26 April dan akan dibuka pada tanggal 27 April 2023,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles