8.9 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Berkat Digitalisasi, Nasib UMKM Berubah di Tengah Pandemi

Dukungan Penuh untuk UMKM

Pj Ketua Dekranasda Sumut, Dessy Hassanudin, menegaskan komitmennya dalam mengakselerasi UMKM. Program digitalisasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM di Sumut.

“Kami ingin UMKM di Sumut naik kelas. Kualitas dan kuantitas produk harus ditingkatkan. Kami akan fokus pada pelatihan digitalisasi dan memastikan UMKM memiliki daya saing yang tinggi,” tutur Dessy.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus, menggarisbawahi perlunya pelatihan digitalisasi yang berkelanjutan. Menurutnya, fokus pelatihan tidak hanya pada pemula tetapi juga mencakup tingkat lanjutan, terutama dalam manajemen media sosial untuk pemasaran.

Baca juga: Pemko Binjai Serahkan Bantuan Peralatan Usaha Bagi UMKM

“Semua berkaitan dengan digital, dan ini adalah langkah yang harus diambil UMKM. Pelatihan harus beragam dan berkelanjutan, melibatkan aspek-aspek yang mendukung kemajuan UMKM,” kata Ilyas Sitorus.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Naslindo Sirait, menekankan upaya dalam memastikan produk UMKM bersaing baik dari segi harga maupun kualitas. Selain memberikan pelatihan, pihaknya juga berupaya mendorong pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara digital, karena digitalisasi membuka peluang baru bagi pelaku usaha kecil untuk tumbuh dan berkembang.

Naslindo mengatakan, saat ini baru 30 persen pelaku UMKM di Sumut yang telah memasuki dunia digital. Dan para pelaku UMKM kita masih didominasi generasi boomer. Karena itu tantangan digitalisasi kita yang utama adalah mengubah mindset.

“Mindset bahwa masa depan UMKM ke depan ada di ranah digital. Perubahan mindset adalah kunci. Siapa tidak mengikuti trend zaman, akan tertinggal,” pungkasnya. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles