10.6 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Bupati Simalungun Hadiri Peresmian Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Simalungun, MISTAR.ID

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) menghadiri peresmian Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Peresmian dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Gerbang Tol Limapuluh Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, pada Rabu (7/2/24).

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi sejumlah kepala daerah se-kawasan yang akan dilalui jalan tol, termasuk Bupati Simalungun. Kedua ruas jalan tol itu akan meningkatkan konektivitas kawasan ke kawasan pariwisata di Danau Toba.

Baca juga:Presiden Resmikan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Limapuluh

Presiden mengatakan, kedua tol merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatera. Jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura memiliki panjang ruas 20,4 km dan jalan tol seksi Indrapura-Limapuluh 15,6 km.

Menurut Jokowi, kedua ruas jalan tol itu akan meningkatkan konektivitas ke kawasan pariwisata di Danau Toba. Begitu juga kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung yang berkaitan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

“Ini kita harapkan juga akan cepat bisa berkembang dan mempercepat waktu tempuh dari Kota Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau. Sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya,” kata Presiden.

Jokowi juga meyakini, pembangunan jalan tol itu akan memacu banyak investasi yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi di Provinsi Sumut meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi super prioritas di Danau Toba dan sekitarnya, serta mengefisienkan biaya logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei.

Baca juga:Jalan Tol Kisaran Diharapkan Beroperasi Sebelum Pilpres

Usai mengikuti peresmian, Bupati Simalungun mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang telah meresmikan kedua jalur tol sekaligus, dimana salah satunya jalan tol ke Parapat, Kabupaten Simalungun.

“Kita berharap, dengan adanya jalan tol menuju Parapat dapat meningkatkan arus kunjungan wisata di Kota Parapat untuk menikmati keindahan Danau Toba,” tuturnya.

Radiapoh juga berharap, dengan meningkatnya kunjungan wisata akan meningkatkan perekonomian Masyarakat, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan wisata Danau Toba.(indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles