15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pasokan Ikan Laut di Pasar Tradisional Siantar Minim, Warga Mengeluh

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sejumlah konsumen di Pasar tradisional Kota Pematangsiantar mengeluhkan kelangkaan pasokan ikan segar yang menyebabkan ikan laut yang dijajakan pun sangat minim. Menurut para pedagang, hal ini terjadi karena sebagian nelayan takut melaut akibat cuaca buruk.

Berdasarkan pantauan Mistar pada Senin (28/2/22), di pasar tradisional Dwikora Pematangsiantar, sejumlah lapak pedagang yang biasa menjajakan ikan segar tampak kosong. Ikan yang dijual pedagang paling dominan adalah ikan es seperti ikan tongkol dan ikan air tawar.

“Mau beli ikan, susah dapatnya. Mau jualan pun jadi bingung, ikannya tak ada,” ucap Rutami, salah seorang pembeli yang kecewa karena tidak ada ikan. Wanita yang juga memiliki usaha rumah makan ini berharap cuaca segera membaik dan kondisi pademi cepat berlalu.

Baca juga: Ikan Segar Mahal Picu Kenaikan Harga Daging Ayam

Tak jauh beda dengan Kartika (43). Dia berharap bisa membeli ikan gembung guring. Namun, keinginannya tersebut berakhir dengan kekecewaan. Dimana, ikan yang dijajakan sangat minim pilihannya dan tidak segar lagi. “Iyah, kok kosong semua. Padahal pingin beli ikan gembung guring, tapi pasar ikan sepi. Mau beli ikan lain pun tak ada,” keluh Kartika.

Ali salah satu pedagang ikan mengatakan pasokan ikan segar di pasar-pasar tradisional di Kota Pematangsiantar mulai mengalami kekurangan sejak seminggu belakangan ini, saat mulainya musim hujan yang sangat ekstrim. “Nelayan banyak yang takut melaut, gelombang kuat. Jadi, kebanyakan ikannya yang dijual sekarang, sudah dibekukan (es). Untuk ikan segar stoknya kosong,” tukas Ali.

Ali juga menyebutkan bahwa ikan yang dijual saat ini berasal dari Aceh dan Tanjung Balai. Itupun menurutnya stok sangat terbatas. Kalaupun ada kondisinya sudah tidak segar lagi karena dimasukkan mesin pendingin. Selain itu, banyak para pedagang ikan tampak membereskan peti tempat ikan serta membersihkan lapaknya. Sebagian lagi ada yang hanya duduk-duduk saja di lapaknya dengan berharap agen ikan datang membawa ikan segar dari luar daerah. (yetty/hm09)

Related Articles

Latest Articles