8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Benarkah Harga BBM Naik Lagi 1 November? Begini Jawaban Pertamina

Jakarta, MISTAR.ID
Sejumlah badan usaha penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga kini terus memantau pergerakan minyak mentah dan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Ini merupakan dua faktor komponen dasar pembentuk harga bahn bakar minyak (BBM).

Beberapa waktu lalu, harga minyak mentah dunia tengah “memanas” dan bertengger di level US$ 96 per barel. Hal ini tentunya turut berdampak pada penetapan harga BBM pada bulan depan.

Adanya tren harga minyak yang masih “memanas” ini, apakah harga BBM di dalam negeri akan naik pada 1 November mendatang?

Baca Juga:BLT Dampak Kenaikan BBM Siap Cair Mulai 8 November 2022 di Siantar, Dinsos: Pemerintah Menambah Kuota Penerima

Sebagai informasi, biasanya sejumlah badan usaha penyalur BBM melakukan penyesuaian harga setiap bulannya pada tanggal 1.

Sebagai badan usaha yang ditugaskan menyalurkan BBM di masyarakat, Pertamina belum dapat memastikan apakah harga BBM akan mengalami penyesuaian. Namun demikian, untuk produk BBM non subsidi perusahaan mengaku melakukan penyesuaian setiap bulannya.

Pertamina pun mengaku untuk harga BBM non subsidi, termasuk Pertamax (RON 92) kini telah sesuai dengan harga keekonomiannya.

Baca Juga:Ini Manfaat Isi BBM di Kendaraan Sampai Full Tank

“Kami masih melihat trennya, selain harga minyak mentah, juga MOPS dan kursnya,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, Jumat (28/10/22).

Badan usaha penyalur BBM swasta seperti Shell Indonesia juga menyampaikan, bahwa harga minyak dunia memang berpengaruh terhadap penentuan harga jual BBM.

Namun demikian, penetapan harga BBM Shell juga dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor lainnya.

Baca Juga:Pemko Siantar Segera Salurkan BLT Subsidi BBM Kepada 19.166 KPM

Beberapa faktor lainnya itu antara lain, harga produk minyak olahan berdasarkan Mean of Platts Singapore (MOPS), kondisi dan volatilitas pasar, nilai tukar mata uang asing, pajak pemerintah dan bea cukai, biaya distribusi dan biaya operasional, kinerja perusahaan, serta aktivitas promosi yang sedang berjalan.

“Dapat kami sampaikan bahwa penyesuaian harga yang kami lakukan dilakukan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku mengenai harga jual BBM,” kata VP Corporate Relations Shell Indonesia Susi Hutapea.

Hal senada diungkapkan pemilik SPBU BP-AKR. Pemilik SPBU yang identik dengan warna hijau ini juga masih memantau pergerakan harga minyak dunia hingga kurs. Sehingga, perusahaan belum dapat memastikan apakah akan ada rencana penyesuaian harga.

Baca Juga:Pertamina Tegaskan Angkutan Industri Sawit Wajib Pakai BBM Nonsubsidi

“BP-AKR senantiasa melakukan penyesuaian harga dengan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya harga minyak dunia, biaya operasional dan kondisi pasar. Mengenai tren harga BBM ke depannya tentu sangat bergantung dengan fluktuasi harga minyak mentah dunia,” sebut Marketing Director PT Aneka Petroindo Raya Vanda Laura.

Pakar Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan, setidaknya terdapat tiga faktor utama perhitungan keekonomian harga BBM, yaitu harga minyak dunia, kurs rupiah, dan inflasi.

“Mestinya kalau mengacu pada dua variabel tadi itu Pertamina itu lebih akan menaikkan pada harga BBM non subsidi karena nonsubsidi corporate action-nya Pertamina,” ujarnya.(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles