16.5 C
New York
Saturday, April 13, 2024

Mark Zuckerberg Buat Gelang untuk Membaca Sinyal Otak

New York, MISTAR.ID

Mark Zuckerberg mengumumkan akan merilis sebuah gelang yang mampu membaca sinyal otak dan memungkinkan pengguna untuk mengetik hanya dengan berpikir. Gelang ini disebutkannya akan dirilis dalam beberapa tahun ke depan.

Zuckerberg menjelaskan bahwa gelang antarmuka saraf futuristik perusahaannya akan menjadi produk nyata dalam beberapa tahun ke depan.

“Gelang ini akan menginterpretasikan sinyal otak pengguna ke otot-otot di tangan, memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai perangkat dengan pikiran mereka,” kata Zuckerberg, Jumat (23/2/24).

Zuckerberg menjelaskan bahwa gelang tersebut akan menggunakan teknologi elektromiografi (EMG) untuk menginterpretasikan sinyal-sinyal sistem saraf yang dikirim dari otak pengguna ke tangan mereka.

Baca juga: Data Facebook Marketplace Bocor

“Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengetik dan mengontrol perangkat hanya dengan memikirkan gerakan yang ingin dilakukan,” tambahnya.

Meskipun tantangan teknis masih ada, Meta berharap bahwa teknologi ini dapat berkembang hingga memungkinkan pengguna untuk mengetik dan berinteraksi hanya dengan menggunakan gelang tersebut.

Regina Dugan, kepala divisi R&D Facebook Building 8, sebelumnya telah menjelaskan alat ini diharapkan dapat membuat orang mengetik dengan kecepatan 100 kata per menit hanya dengan menggunakan pikiran mereka, tanpa perlu implan bedah. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles