13.9 C
New York
Saturday, April 13, 2024

Gempa di Tasikmalaya Akibat Penyesaran Lempeng Eurasia

Tasikmalaya, MISTAR.ID

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Kamis (22/2/24) pada pukul 10.06 WIB merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas penyesaran dalam lempeng Eurasia.

“Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi tersebut adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Jumat (23/2/24).

Gempa bumi berkekuatan M3,2 tersebut berada di koordinat 8.05 LS dan 107.74 BT, berlokasi di laut sekitar 87 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, dan kedalaman 24 km.

Baca juga: Gempa Guncang Lombok Barat pagi Ini

Guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II MMI, menunjukkan bahwa getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga hari ini, belum ada laporan tentang kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut. Hartanto mengimbau ke masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Liputan6/hm20)

Related Articles

Latest Articles