14.7 C
New York
Friday, April 12, 2024

Ketahui Tanda-Tanda Penyakit Gondongan Bakal Pulih

Jakarta, MISTAR.ID

Gondongan merupakan peradangan kelenjar ludah di sisi samping wajah (parotis) disebabkan infeksi virus.

Lazimnya infeksi menyerbu kelenjar parotis (kelenjar yang memproduksi air liur), sehingga menyebabkan pembengkakan. Ciri-ciri yang dialami saat seseorang mengalami gondongan adalah pembengkakan pada pipi dan rahang.

Dirangkum dari Mayo Clinic, pada Jumat (23/2/24), gejala gondongan timbul sekitar 2 hingga 3 minggu usai terpapar virus. Sebagian orang mungkin tidak mempunyai gejala penyakit gondongan atau gejala yang dialami sangat ringan.

Baca juga:Berikut Ini Pemicu Sakit Tenggorokan

Sejumlah gejala yang berhubungan dengan gondongan adalah demam, sakit tenggorokan, sakit kepala serta nyeri ketika menelan dan mengunyah. Mengingat penyakit ini bisa menular dan sering terjadi di kalangan anak-anak.

Dilansir dari NHS, infeksi penyakit gondongan umumnya akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Berbagai pengobatan yang bisa dilakukan dalam meredakan gejalanya yakni, istirahat cukup dan rajin mengonsumsi air putih untuk menjaga cairan dalam tubuh tetap normal.

Mengkonsumsi makanan yang lembut dan gampang dikunyah. Hindari makan dan minum asam karena dapat menyebabkan kelenjar ludah terasa perih. Termasuk membatasi kontak dengan orang lain.

Baca juga:Penyakit Rusa Zombie Mewabah di AS

Apabila penderita gondongan telah masuk ke dalam fase pemulihan, maka akanĀ didapati tanda-tanda penyakit itu akan sembuh. Seperti nyeri berkurang dan rasa panas pada pembengkakan akan hilang, serta pembengkakan kembali normal.

Lebih gampang membuka mulut. Keluhan sakit lain seperti nyeri kala menelan, sakit otot, sakit kepala, produksi air liur meningkat, demam dan nyeri mengunyah bakal lenyap.

Penyakit ini biasanya akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Apabila usai jangka waktu itu, gejala gondongan tidak menunjukkan tanda-tanda membaik atau malah memburuk, secepatnya jumpai dokter untuk menerima penanganan medis yang tepat. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles