-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Ini Manfaat Kesehatan Meletakkan Tanaman di Meja Kerja

MISTAR.ID

Mendekorasi bilik Anda dengan tanaman adalah cara terbaik untuk menghidupkan ruang kerja Anda. Tapi tahukah Anda bahwa selain menambah warna, tanaman juga meningkatkan kesehatan Anda?

Badan penelitian luar angkasa AS, NASA, menghabiskan dua tahun menguji tanaman rumah dan menghasilkan daftar 10 tanaman yang dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Studi juga menunjukkan bahwa tanaman menawarkan efek meditatif visual ke ruang kerja, yang mengarah ke karyawan yang lebih bahagia dan lebih sehat dan lebih produktif.

Memiliki tanaman di kantor terbukti meningkatkan kualitas udara, meningkatkan rentang perhatian, meningkatkan kreativitas, menurunkan stres, dan menstabilkan suasana hati. Memiliki tanaman dapat mengurangi pilek dan batuk, sehingga secara tidak langsung juga mengurangi absen kerja.”

Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar umur mereka di kantor. Kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, kelelahan mata, iritasi tenggorokan dan asma. Tanaman yang di tempat kerja dapat mengubah banyak hal seperti itu.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Meja Sejak Jaman Mesir Kuno Hingga Sekarang

Rajamani mengatakan, manfaat kesehatan dari menambahkan tanaman ke ruang kerja sangat banyak. Selain meningkatkan kualitas udara, mengurangi kelelahan, menurunkan gejala pilek, batuk, dan sakit tenggorokan, mereka memiliki efek psikologis (seperti meningkatkan mood) yang mengurangi stres.

Diketahui dengan baik bahwa stres merupakan penyebab utama masalah kesehatan pada populasi pekerja. Tanaman juga dikatakan dapat menurunkan tekanan darah, menyembuhkan pasien lebih cepat, serta meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mental. Pelapis, perabot, polutan luar yang masuk ke dalam, bahan bangunan, produk pembersih, dan bilik tertutup dengan AC dapat berdampak buruk pada kualitas udara.

Menurut Dr Jyoti Sangle, psikiater di Rumah Sakit Dr LH Hiranandani, Mumbai, “tumbuhan bertindak sebagai penyembuh alami. Misalnya, lidah buaya memiliki banyak manfaat penyembuhan, termasuk kemampuannya untuk membersihkan udara. Studi Udara Bersih yang dilakukan oleh NASA menggambarkan bahwa tanaman membantu membersihkan udara yang kita hirup dengan menghilangkan racun berbahaya.

Tanaman seperti spider plant akan membersihkan udara dari benzene, karbon monoksida dan xylene. Ini semua adalah senyawa organik yang mudah menguap yang dipancarkan oleh barang-barang seperti furnitur, karpet, dan peralatan umum seperti komputer dan printer.” Tanaman mengatur kelembapan dan mengurangi emisi karbon dioksida di rumah dan kantor Anda.

Baca juga: Cek Lagi, Apakah Pemindai Termal Ke Dahi Cara Terbaik Memeriksa Demam?

Diketahui bahwa selama fotosintesis, tumbuhan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Tanaman membantu meningkatkan tingkat oksigen pada siang hari.

Menariknya, ada tanaman seperti anggrek, succulents, tanaman ular, dan lidah buaya yang juga bisa melepaskan oksigen di malam hari, kata Dr. Raghavendra Rao, seorang naturopath di Bengaluru.

Rajamani berkata, “Stres adalah silent killer. Stres tidak terdeteksi tidak seperti penyakit lain dan menyebabkan kerusakan pada semua organ di tubuh. Tanaman di tempat kerja telah terbukti mengurangi stres, dan memiliki beberapa tanaman untuk dirawat di meja Anda dapat sangat membantu dalam mengelola stres terkait pekerjaan. Melihat tanaman tumbuh setiap hari dan merawatnya berfungsi sebagai penghilang stres yang hebat. ”

Menurut Rao, keberadaan tanaman menyebabkan berkurangnya stres dan kecemasan serta perbaikan mood dan harga diri. Tanaman juga membantu meredakan depresi dan meningkatkan rasa kesejahteraan. Tanaman membantu meningkatkan kepositifan dan membuat kita merasa lebih rileks. Mereka dapat membantu mengatasi kesepian dan depresi. Mereka juga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, kata Sangle.

Baca juga: Tips, Makin Dekat dengan Anak Lewat Permainan Tanpa Gadget

Rajamani berkata, “Kami melihat tren peningkatan perkantoran yang meminta tanaman di ruang interior mereka. Ruangan dapat diubah tanpa mengeluarkan banyak uang hanya dengan menambahkan beberapa tanaman di sana-sini. Ruang menjadi lebih ramah dan indah dengan tambahan tanaman. Variasi dedaunan, warna dan bentuk daun juga menambah variasi di sekitarnya. ”

Rao berkata, “Menempatkan tanaman di kantor bukanlah tren baru. Sebelumnya, ini lebih merupakan hiasan, tetapi manfaat kesehatannya yang telah terbukti membuat orang lebih banyak memasukkan tanaman ke dalam ruangan mereka sekarang.” Yang penting, hanya satu tanaman di meja Anda sudah cukup untuk membuat semua perbedaan, katanya. (The Economic Times/ja/hm07)

Related Articles

Latest Articles