18.5 C
New York
Friday, September 27, 2024

Literasi Digital Bidang Kesehatan Dinilai Penting Bagi Masyarakat

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah telah menyusun sebuah platform bernama Satu Sehat.

Salah satu fiturnya adalah memantau kesehatan pribadi. Sehingga saat ini, masyarakat perlu memahami cara memanfaatkan dan menggunakan fitur itu secara efektif.

Hal ini dikatakan Direktur Transform Health Indonesia, Deddy Dermawan terkait pentingnya literasi digital untuk masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

Baca juga:Plt Gubernur Lemhanas Soroti Literasi Digital

Menurutnya lagi, literasi digital memungkinkan masyarakat untuk langsung menggunakan teknologi digital demi kesehatannya.

“Pemanfaatan teknologi kesehatan oleh masyarakat harus disertai dengan pemahaman tentang cara menjaga keamanan data. Penting bagi masyarakat untuk sadar akan data kesehatannya, di sisi lain pemerintah juga bertanggung jawab menjaga kerahasiaan dan keamanan data tersebut. Untuk itu, petugas kesehatan perlu berkolaborasi membangun tata kelola data yang baik dan bermanfaat bagi semua pihak,” katanya pada wartawan, pada Kamis (20/6/24).

Baca juga:106 ABK Terima Pelatihan Literasi Digital

Deddy juga menyampaikan, pihaknya menargetkan pencapaian literasi digital ini secepat mungkin, idealnya sebelum tahun 2030. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang data kesehatan dan penggunaannya, Deddy berharap target universal health coverage bisa tercapai lebih cepat.

“Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui fitur dalam aplikasi Satu Sehat yang memungkinkan masyarakat mencatat dan mengakses data pribadi mereka, seperti riwayat penyakit dan pengobatan. Dengan adanya fitur ini, masyarakat bisa lebih waspada dan terinformasi tentang kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap masyarakat akan lebih paham bagaimana menggunakan teknologi dan data kesehatan secara mandiri, sehingga tercipta lingkungan yang lebih sehat dan aman bagi semua pihak.

Baca juga:Balin Indonesia Ajak Masyarakat Tingkatkan Kecerdasan Literasi Digital

Sebelumnya Ketua Pengda Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sumatera Utara (Sumut), Destanul  Aulia dalam talkshow My Data Our Health Peran Puskesmas dalam Tata Kelola Digital Kesehatan di Era Transformasi Digital yang digelar di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Tuntungan mengatakan, saat ini pemanfaatan data masih terbatas dan dampaknya belum begitu besar pada sektor kesehatan.

Related Articles

Latest Articles