6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

106 ABK Terima Pelatihan Literasi Digital

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 106 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Medan mendapatkan pelatihan literasi digital, Rabu (24/1/24). Pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMPK) Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika ini juga memberikan pelatihan desain grafis.

Kepala BBPSDMPK Medan, Christian Juditha menjelaskan, program ini merupakan inisiatif tahunan Kementerian Kominfo yang secara khusus menyasar disabilitas, dengan mengusung program pengenalan Teknologi Informatika Komputer (TIK).

“Program pelatihan TIK ini merupakan langkah positif dalam mendukung pengembangan literasi digital bagi siswa SLB Negeri Pembina,” ujarnya.

Pelatihan melibatkan berbagai aspek keterampilan digital, termasuk literasi digital, pemasaran digital, konten kreator, dan desain grafis. Dr. Christian Juditha menyoroti pentingnya literasi digital sebagai bekal bagi siswa SLB.

Baca juga: Membangun Era Pembelajaran Online untuk Guru SLB

“Pemahaman tentang literasi digital kepada para peserta diharapkan agar mereka mampu memanfaatkan media digital secara positif dan kreatif,” katanya.

Dalam pelatihan ini, siswa tidak hanya diajak dalam aspek teori, tetapi juga praktik langsung di ruang komputer.

“Kami ingin mereka dapat merasakan dampak positif dari penggunaan media digital dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Mengenai tantangan dalam melatih anak disabilitas, Dr. Christian Juditha menjelaskan bahwa kebutuhan mereka berbeda dan lebih kompleks.

Related Articles

Latest Articles